Perjuangan Edgar Xavier di SEA Games 2019 Bikin Publik Filipina Ikut Terharu

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 05 Desember 2019 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 05 43 2138142 perjuangan-edgar-xavier-di-sea-games-2019-bikin-publik-filipina-ikut-terharu-PTraOrrbAU.jpg Wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo (Foto: Instagram)

MANILA – Perjuangan atlet wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo, yang menunjukkan ketegaran di ajang SEA Games 2019 tak hanya menarik perhatian besar dari masyarakat Tanah Air. Publik tuan rumah, Filipina pun ikut merasakan simpati yang besar saat mengetahui perjuangan Edgar di tengah kabar duka kepergian sang ayah.

Melalui akun resmi Facebook SEA Games 2019 pada hari kemarin, 4 Desember 2019, kabar mengenai perjuangan Edgar dipublikasikan secara luas. Pada unggahan tersebut, tidak hanya menampilkan foto Edgar meraih dua medali emas, tetapi juga sebuah keterangan yang sangat menyentuh hati.

Edgar Xavier Marvelo

“Memenangkan medali emas di cabor wushu nomor gunshu/daoshu putra menjadi momen pahit bagi Edgar Xavier Marvelo asal Indonesia,” tulis keterangan tersebut.

“Orang-orang di timnya menangis setelah kemenangannya dan itu bukan hanya air mata sukacita. Ayah Edgar meninggal ketika ia berkompetisi dalam acara itu dan ia hanya diberitahu tentang hal itu setelah memenangkan emas, itu membuatnya menangis,” tambah keterangan tersebut.

Baca juga Edgar Xavier Ungkap Pesan sang Ayah Sebelum Meninggal

Sontak unggahan tersebut menarik banyak perhatian warganet terutama dari Filipina. Banyak dari mereka yang merasa sangat terharu, mengucapkan doa dan rasa dukacita, serta ikut bangga dengan perjuangan yang ditunjukkan pewushu berusia 20 tahun tersebut.

“Dari kami di Filipina, Anda (Edgar) bertahan dengan sangat kuat dan memberi kami insipirasi. Selamat! (untuk medali emasnya),” tulis Nelson OC.

“Ucapan dukacita kami yang tulus. Doa saya ditujukan kepada Anda (Edgar) dan keluarga. Ayah Anda pasti bangga dengan Anda dan prestasi Anda. Terus buat dia bangga dan tetap kuat! Banyak cinta dari kami di Filipina,” tulis Haze Nada.

“Orang-orang di Filipina ikut berduka dengan Anda (Edgar) dan keluarga atas kepergian ayah Anda. Ucapan dukacita yang terdalam dari kami, dan selamat karena telah memenangkan dua medali emas. Ayahmu pasti sangat bangga padamu,” tulis Fe Balat-Samonte.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini