nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Momen Emosional di SEA Games 2019, Nomor 2 Dedikasikan Medali Emas untuk sang Ayah

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 12:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 12 43 2141020 5-momen-emosional-di-sea-games-2019-nomor-2-dedikasikan-medali-emas-untuk-sang-ayah-n6i5XHEkTS.jpg Edgar Xavier Marvelo. (Foto: Instagram @edgarmarvelo)

PERHELATAN SEA Games 2019 telah selesai digelar. Gelaran pesta olahraga multi-event terbesar di Asia Tenggara ini resmi ditutup pada Rabu 11 Desember 2019 sore WIB lewat acara meriah yang disiapkan PHISGOC pada closing ceremony.

Meski telah selesai digelar, sederet peristiwa yang terjadi di acara tersebut tetap akan dikenang oleh masyarakat. Peristiwa ini tak melulu tentang hal buruk, tetapi juga banyak hal baik yang terjadi selama penyelenggaraan SEA Games 2019. Beberapa momen bahkan dialami langsung oleh atlet Indonesia.

Kali ini, Okezone pun akan membahas hal-hal tersebut. Sebagaimana dikutip dari GMA News Online, Kamis (12/12/2019), berikut lima momen emosional di SEA Games 2019.

5. Tim Anggap Filipina Ajarkan Tim Singapura Cara Menari

Salah satu momen menarik di SEA Games 2019 terjadi di cabang olahraga anggar. Pelatih Kepala Tim Anggar Filipina, Amatov Canlas, terlihat mengajarkan anggota tim anggar putra Singapura cara menari lagu ‘Manila’ yang dipopulerkan oleh band Hotdog.

SEA Games 2019

Canlas menunjukkan dengan baik cara menari lagu tersebut kepada para pemain Singapura. Aksi ini layaknya luapan kegembiraan karena dilakukan setelah Filipina memastikan diri meraih medali emas emas pada nomor pertandingan epee putri dan medali perunggu di nomor pertandingan foil putra.

Lagu Manila sendiri merupakan lagu pembuka atlet Filipina dalam opening ceremony SEA Games 2019. Lagu itu begitu menarik sehingga Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, dan Senator Ronald "Bato" dela Rosa turut bergoyang mengikuti lagu tersebut saat opening ceremony.

4. Petenis Filipina Ruben Gonzales Melamar Kekasihnya

Momen indah lainnya yang tersaji di SEA Games 2019 datang pada cabang olahraga tenis. Salah satu petenis Filipina, yakni Ruben Gonzales, melamar kekasihnya, Michele Bumgarner, di arena pertandingan SEA Games 2019.

Hal ini dilakukan Gonzales setelah berhasil mengamankan medali perak di nomor ganda putra. Tanpa ragu, Bumgarner pun menerima pinangan dari Gonzales hingga perasaan bahagia juga turut dirasakan oleh penonton yang memenuhi stadion.

Mendapat perlakuan istimewa dari sang kekasih, Bumgarner tampak begitu bahagia. Pancaran kebahagiaannya turut diluapkan lewat unggahan di akun Instagram pribadinya. Ia mengaku sangat terkejut dengan aksi Gonzales.

3. Timor Leste yang Trending di Twitter

Momen emosional ketiga adalah trending-nya tagar Timor Leste di Twitter. Hal tersebut terjadi sebagai bentuk dukungan publik kepada Timor Leste karena tak kunjung meraih satu pun medali setelah tampil beberapa hari di SEA Games 2019.

Pada hari ketiga gelaran SEA Games 2019, tagar #TimorLeste pun akhirnya trending. Harapan publik agar Timor Leste bisa meraih medali pun akhirnya terwujud pada minggu kedua kompetisi. Total, sebanyak lima medali perunggu dan satu perak diraih Timor Leste dari cabang olahraga taekwondo dan tinju.

2. Edgar Xavier Marvelo Dedikasikan Dua Medali Emas untuk Mendiang Ayahnya

Selanjutnya, momen emosional datang dari atlet Indonesia, Edgar Xavier Marvelo. Ia mendapat sorotan lebih dari publik kala bertanding di SEA Games 2019. Bukan hanya karena prestasi gemilang yang berhasil diukirnya untuk Tanah Air, publik juga menyoroti sosok Edgar karena sikap profesionalnya yang luar biasa.

Edgar Xavier Marvelo

Edgar diketahui harus berlaga di cabang olahraga wushu SEA Games 2019 dalam kondisi tengah berduka. Bagaimana tidak, beberapa jam sebelum bertanding, ia mendapat kabar bahwa sang ayah yang berada di Indonesia telah meninggal dunia.

Meski begitu, Edgar tetap bisa menunjukkan keprofesionalannya sebagai pewushu. Ia tampil dengan apik di nomor pertandingan gunshu dan daoshu wushu hingga akhirnya menyegel medali emas. Dua medali emas ini pun ia dedikasikan kepada mendiang ayahnya.

1. Aksi Peselancar Roger Casugay Membantu Wakil Indonesia

Momen emosional terakhir terjadi di cabang olahraga selancar. Peselancar Filipina, Roger Casugay, melakukan aksi heroik di tengah-tengah pertandingan. Dia menyelamatkan peselancar Indonesia, Arip Nurhidayat, yang tersapu gelombang.

Hal ini mendapat sorotan lebih dari publik karena Casugay sendiri sejatinya memiliki kans besar untuk meraih medali emas kala itu. Tetapi, ia memilih untuk mengabaikan medali emas dan membantu menyelamatkan nyawa Arip.


Aksi heroik Casugay pun mengundang decak kagum dari banyak pihak, termasuk presiden dari Filipina serta Indonesia. Presiden Indonesia, Joko Widodo, bahkan mengutarakan sanjungan kepada Casugay di Twitter.

“Memenangkan kompetisi dan menjunjung sportivitas itu penting, tapi kemanusiaan di atas segalanya. Apresiasi saya untuk Roger Casugay, peselancar Filipina yang melepas kesempatan meraih emas demi menolong atlet Indonesia yang terjatuh dalam lomba. Salam hormat dari Indonesia,” cuit Joko Widodo.

Roger sendiri akhirnya berhasil mengantongi medali emas pertamanya untuk Filipina di nomor pertandingan longboard putra. Ini juga merupakan emas pertama di negara ini dalam cabang olahraga selancar SEA Games 2019.  Casugay pun juga akhirnya terpilih sebagai pembawa bendera Filipina dalam upacara penutupan SEA Games ke-30.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini