Gagal Penuhi Target, Menpora Malaysia Minta Maaf

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2019 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 18 43 2143545 gagal-penuhi-target-menpora-malaysia-minta-maaf-skQXvAghDl.jpg Syed Saddiq (Foto: Twitter)

KUALA LUMPUR – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq, meminta maaf atas kegagalan para atletnya dalam memenuhi target medali di ajang SEA Games 2019. Pada gelaran yang berlangsung di Filipina pada 30 November -11 Desember 2019 tersebut, Malaysia harus puas meraih medali 55 medali emas, 58 perak, dan 71 perunggu.

Dengan hasil tersebut, Malaysia harus puas menduduki posisi kelima pada klasemen akhir perolehan medali SEA Games 2019. Padahal sebelum SEA Games 2019 dimulai, Malaysia menargetkan hasil tinggi dengan meraih 70 medali emas.

Syed Saddiq

“Sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, saya memikul tanggung jawab penuh atas kegagalan untuk memenuhi target. Saya ingin meminta maaf kepada semua penggemar olahraga di negara ini (Malaysia) atas kegagalan ini,” ungkap Syed Saddiq, mengutip dari Bernama, Rabu (18/12/2019).

Baca juga Pembagian Slot Piala Thomas dan Uber 2020, Zona Asia Punya Empat Jatah

“Saya telah mengatakan kepada semua untuk tidak membebani atlet kami dengan komentar negatif. Mari kami menyalahkan dan tanggung jawab ini secara kolektif, biarkan (kritik) diarahkan pada kami dan bukan atlet yang telah berjuang begitu lama untuk meningkatkan nama negara,” tambahnya.

Beberapa cabor yang gagal memenuhi target medali emas adalah panahan, berlayar, dan bowling. Padahal biasanya mereka selalu tampil baik beberapa turnamen terakhir, bahkan di Olimpiade 2016. Selain itu munculnya atlet baru dari Vietnam dan Thailand, membuat target yang dibebankan menjadi meleset. Belum lagi, tuan rumah Filipina menggunakan beberapa atlet kewaranegaraan ganda yang menjadi penyebab mereka gagal memenuhi target.

Syed Saddiq

“Munculnya atlet dari Vietnam dan Thailand terutama dalam olahraga tradisional seperti atletik, berenang dan berlayar menghalangi kami untuk memenuhi target medali kami, terlepas dari kenyataan bahwa Filipina sebagai tuan rumah telah menggagalkan ambisi medali kami di rugby dan atletik pada khususnya,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini