nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sejarah Singkat Terbentuknya SEA Games

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 18 November 2019 11:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 18 43 2131174 sejarah-singkat-terbentuknya-sea-games-EdYO7u1Vuh.jpg Persiapan SEA Games 2019. (Foto: Laman resmi SEA Games)

TIDAK lama lagi pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara atau yang lebih akrab dikenal SEA (South East Asian) Games bakal segera dihelat. SEA Games 2019 itu tepatnya bakal berlangsung di Filipina dari 30 November sampai 11 Desember 2019.

SEA Games 2019 di Filipina itu merupakan penghelatan ke-30 dari pesta olahraga multi event terbesar di Asia Tenggara. Namun, tahukah Anda bagaimana sejarah awal terciptanya pesta olahraga termegah di wilayah Asia Tenggara itu?

Jadi, pada awalnya ajang olahraga multi event terbesar di Asia Tenggara itu bukanlah bernama SEA Games, melainkan South East Asian Peninsular (SEAP) Games atau diartikan ke bahasa Indonesia menjadi Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara. Ajang tersebut pertama kali dicetuskan oleh Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand, yakni Laung Sukhumnaipradit, pada Mei 1958.

Baca Juga: Indra Sjafri Pulangkan Beto dan Tiga Pemain Lainnya

SEA Games 2019

Pada Mei 1958 itu, Sukhumnaipradit dan beberapa perwakilan Semenanjung Asia Tenggara mengadakan pertemuan untuk membahas sebuah ajang olahraga multi event yang hanya diikuti oleh negara-negara yang berada di Asia Tenggara. Mereka semua terinspirasi dengan ajang Asia Games yang memang sedang berlangsung pada saat itu. Tepatnya ketika Asia Games ke-3 yang berlangsung di Tokyo, Jepang.

Dari pertemuan itu, akhirnya disepakatilah ajang SEAP Games dengan bermaksud agar bisa menjalin silaturahmi antara negara-negara Asia Tenggara. Pada pertemuan itu juga disepakati bahwa ajang SEAP Games nantinya bakal berlangsung setiap dua tahun sekali.

Setelah melalui proses yang begitu panjang akhirnya SEAP Games edisi pertama digelar juga di Bangkok, Thailand pada Desember 1959. Pada edisi pertama itu, negara yang ikut serta hanya enam saja, yakni Thailand, Laos, Vietnam, Singapura, Malaysia, da Myanmar. Lalu di edisi selanjutnya Kamboja pun ikut berpartisipasi.

Pada 1977, Indonesia dan Filipina pun akhirnya bergabung. Namun, karena Indonesia dan Filipina bukanlah Asia Tenggara Daratan, maka Komite Olimpiade SEAP Games mengubah ajang olahraga tersebut menjadi SEAGF (South East Asia Games Federation). Tetapi setelah didiskusikan laga, nama akhirnya menjadi SEA Games dan bertahan sampai saat ini.

Kini, jumlah anggota SEA Games sudah menjadi 11 dengan Timor-Leste menjadi negara terakhir yang bergabung. Tak seperti dulu, di mana yang mengawasi dan membuat peraturan adalah Komite Olimpiade SEAP Games, kini SEA Games langsung diatur oleh Federasi Olahraga Asia Tenggara dan diawasi oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) serta Dewan Olimpiade Asia (OCA).

Begitulah sejarah singkat terbentuknya SEA Games. Untuk di SEA Games 2019 yang berlangsung di Filipina nanti, 11 negara yang ikut serta bakal bertarung di 56 cabang olahraga (cabor) yang terbagi menjadi 529 event.

Sejarah SEA Games

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini