nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara agar Marquez Juara MotoGP 2019 di Thailand

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 11:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 03 38 2112328 5-cara-agar-marquez-juara-motogp-2019-di-thailand-R3kvSxpxL3.jpg Marc Marquez. (Foto: Laman resmi MotoGP)

PEMBALAP Tim Repsol Honda, Marc Marquez, semakin dekat dengan gelar juara MotoGP 2019. Ia bahkan berpeluang besar untuk memastikan diri keluar sebagai kampiun pada musim ini sebelum perlombaan seri terakhir.

Hal itu bisa terjadi dalam gelaran MotoGP Thailand 2019 yang diperlombakan pada Minggu 6 Oktober 2019 siang WIB. Sebab, Marquez kini tengah kukuh di puncak klasemen sementara dengan 300 angka. Ia unggul hingga 98 angka dari Andrea Dovizioso (Ducati) yang bertengger di tempat kedua saat ini.

BACA JUGA: Hampir Juara Dunia, Marquez Ogah Ubah Pendekatan di MotoGP Thailand 2019

Dengan hanya tersisanya lima balapan lagi pada musim ini, poin Marquez pun berpeluang besar takkan bisa dikejar lagi oleh Dovizioso jika pembalap asal Spanyol itu berhasil berbicara banyak di Thailand. Untuk bisa menyegel gelar juara MotoGP 2019 di Thailand, Marquez bisa menempuh beberapa cara.

Penampilan Marc Marquez di MotoGP 2019

Sebagaimana dikutip dari laman resmi MotoGP, Kamis (3/10/2019), ada lima cara yang bisa ditempuh Marquez untuk merayakan gelar juaranya di Sirkuit International Chang, Thailand, pada akhir pekan ini. Sejumlah skema kemenangan ini tentu saja melibatkan nama Dovizioso.

Pertama, Marquez dipastikan menjadi juara MotoGP 2019 jika berhasil meraih kemenangan di GP Thailand. Dengan skema ini, Marquez tidak perlu bergantung dengan posisi finis Dovizioso di Sirkuit International Chang. Sebab, dengan tambahan 25 angka lagi, torehan Marquez dipastikan tidak akan bisa dilewati lagi oleh seluruh rivalnya.

Skema kedua, Marquez tetap bisa menyegel gelar juara, meski tak meraih kemenangan di Thailand. Hal ini bisa terjadi jika Marquez finis di posisi kedua, tetapi Dovizioso harus berada di belakangnya, bisa di tempat ketiga, keempat, atau seterusnya. Tambahan 20 poin juga dipastikan cukup untuk membawa The Baby Alien –julukan Marquez– menjadi juara.

Ketiga, Marquez juga bisa memastikan diri keluar sebagai kampiun pada musim ini, meski gagal naik podium di Thailand. Dengan skema ini, Marquez wajib finis di posisi kelima, sementara Dovizioso harus bertengger paling tinggi di posisi ketujuh. Dengan begitu, jarak poin kedua pembalap akan terpaut 100 angka.

Andrea Dovizioso dan Marc Marquez

Dovizioso sejatinya masih punya peluang untuk mneyamakan torehan poinnya dengan Marquez karena balapan masih menyisakan empat seri lagi setelah Thailand. Tetapi, sekalipun Dovizioso berhasil menyamakan kedudukannya di akhir musim, Marquez tetap dipastikan keluar sebagai juara karena jumlah kemenangan dan podiumnya jauh lebih banyak.

Skema keempat, Marquez juga bisa menyegel gelar, meski tak mampu finis di lima besar. Hal ini bisa terjadi dengan syarat Desmodovi –julukan Dovizioso– menyelesaikan perlombaan di dua tempat di belakang Marquez.

Skema terakhir diperuntukkan jika Marquez ternyata tampil buruk di Thailand hingga tercecer di luar posisi 10 besar. Dengan kondisi ini, ia tetap memiliki kans untuk menyegel gelar juara. Hal tersebut bisa terjadi dengan skema Marquez finis di urutan ke-14, tetapi Dovizioso tak menyelesaikan balapan hingga garis finis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini