Share

5 Wakil Terakhir Indonesia yang Juara Thailand Open

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 30 40 2085363 5-wakil-terakhir-indonesia-yang-juara-thailand-open-Ly4iMyRB3e.jpg Greysia Polii/Apriyani Rahayu. (Foto: Laman resmi PBSI)

TURNAMEN bulu tangkis bergengsi, Thailand Open, kembali digelar pada pekan ini. Tahun ini, turnamen berlevel Super 500 tersebut akan mulai digelar pada hari ini, Selasa (30/7/2019), hingga Minggu 4 Agustus 2019.

Sejumlah pebulu tangkis Indonesia pun dipastikan bakal turut beraksi di ajang tersebut. Ada 27 wakil Tanah Air yang berlaga di berbagai nomor pertandingan Thailand Open 2019. Nama pemain-pemain bintang, seperti Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, hingga Greysia Polii/Apriyani Rahayu, terdapat di dalamnya.

Mereka siap berjuang sekuat tenaga untuk memperebutkan gelar juara di ajang tersebut. Peluang Indonesia untuk menjadi juara tentu saja terbuka lebar. Sebab, beberapa pemain sendiri bahkan pernah merasakan langsung menyegel gelar juara di ajang tersebut.

Sebelum mengetahui siapa saja yang berhasil menjadi juara tahun ini, Okezone akan membahas wakil Indonesia yang pernah keluar sebagai kampun di Thailand Open. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Selasa (30/7/2019), berikut lima wakil terakhir Indonesia yang juara Thailand Open.

5. Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso

Ganda putra Indonesia, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso, pernah mencicipi gelar juara di ajang Thailand Open. Mereka naik podium pertama di turnamen berlevel Super 500 itu pada gelaran 2015.

Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso

Perjuangan panjang harus dihadapi Wahyu/Ade untuk bisa meraih gelar juara ini. Mereka bahkan harus dihadapkan dengan pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, di semifinal. Laga kala itu dimenangkan Wahyu/Ade dengan skor 21-18 dan 21-16.

Setelah Marcus/Kevin, Wahyu/Ade ditantang wakil Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong, di partai final. Pertarungan sengit tersaji di kala itu. Tetapi, Wahyu/Ade berhasil mengatasi setiap perlawanan dari Koo/Tan sehingga laga berakhir manis dengan skor 20-22, 23-21, dan 21-16.

4. Berry Angriawan/Rian Agung Saputro

Pada tahun berikutnya, Indonesia kembali berhasil meraih gelar juara di nomor ganda putra. Tetapi, kali ini, gelar didapat lewat aksi pasangan Berry Angriawan/Rian Agung Saputro, bukan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso.

Berry Angriawan/Rian Agung Saputro

Berry/Rian dapat menyegel gelar juara di ajang Thailand Open 2016 setelah menumbangkan wakil Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko, di partai final. Laga yang berlangsung sengit itu berakhir dengan skor 17-21, 21-14, dan 21-18. Ini jadi satu-satunya gelar juara yang diraih Indonesia di ajang Thailand Open 2016.

3. Berry Angriawan/Hardianto

Berry Angriawan berhasil mempertahankan tren positifnya di ajang Thailand Open ke tahun berikutnya. Pada gelaran 2017, Berry kembali meraih gelar juara di nomor ganda putra. Tetapi kali ini, gelar didapat bukan dengan berpasangan bersama Rian Agung Saputro, melainkan dengan Hardianto.

Berry Angriawan/Hardianto

Berry/Hardianto harus bertarung melawan dengan pasangan ganda putra Jerman, Raphaek Bekc/Peter Kaesbauer, di partai final Thailand Open 2017. Laga pun dimenangkan Berry/Hardianto dengan mudah lewat pertarungan dua set langsung yang berakhir dengan skor 21-16 dan 21-16.

2. Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Selain ganda putra, ganda putri Indonesia juga tak kalah bersinarnya di ajang Thailand Open. Pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu bahkan bisa menyabet gelar juara dua tahun beruntun di ajang tersebut. Hal itu terjadi pada 2017 dan 2018.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Pada gelaran Thailand Open 2017, Greysia/Apriyani memastikan diri keluar sebagai kampiun setelah menumbangkan tuan rumah, Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong. Laga dimenangkan dengan mudah oleh Greysia/Apriyani dengan skor 21-12 dan 21-12.

Setahun berikutnya, mereka kembali berhasil mempertahankan gelar juara di ajang tersebut. Gelar juara disegel Greysia/Apriyani setelah menumbangkan wakil Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, dengan skor 21-13 dan 21-10.

1. Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja

Tak hanya ganda putra dan putri, gelar juara juga diraih Indonesia di nomor ganda campuran. Pasangan Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja berhasil menyegel gelar juara di ajang Thailand Open pada gelaran 2018.

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja

Gelar dipastikan jadi milik Hafiz/Gloria setelah menumbangkan wakil Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock, di partai final. Penampilan apik Hafiz/Gloria membuat mereka memenangkan laga dengan cukup mudah, dengan skor 21-12 dan 21-12.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini