nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marquez Kritisi Para Pembalap yang Terlalu Dini Tampil di MotoGP

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 14 Mei 2019 10:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 14 38 2055402 marquez-kritisi-para-pembalap-yang-terlalu-dini-tampil-di-motogp-d9mBwtf78d.jpg Marc Marquez (Foto: Laman resmi MotoGP)

AALST – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengomentari munculnya para pembalap muda yang terlalu cepat naik kelas ke MotoGP. Meski tak terlalu mempermasalahkan hal tersebut, tetapi pembalap berusia 26 tahun itu mencoba menaruh perhatian pada trend para pembalap saat ini.

Marquez sendiri datang ke MotoGP saat masih berusia muda, tepatnya 20 tahun pada musim 2013. Akan tetapi, kedatangannya ke kelas MotoGP pun tidak sembarangan. Walaupun berusia muda, pembalap berjuluk The Baby Alien itu telah mengoleksi gelar juara dunia di Moto2 pada 2012.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Sementara situasi yang terjadi pada masa sekarang sedikit berbeda. Para pembalap yang naik kelas ke MotoGP tak terlalu mempedulikan gelar juara dunia di Moto2, walaupun usianya masih muda mereka dipercaya untuk menggeber motor kelas premium di ajang MotoGP.

Baca juga Marquez: Punya Motor Cepat Tak Jamin Anda Jadi Juara MotoGP!

Hal itu pun dianggap Marquez sebagai hal berisiko. Walau ia sendiri tak terlalu peduli, tetapi Marquez memperingatkan para pembalap yang terlalu dini naik kelas untuk tetap waspada. Pasalnya, apabila mereka tidak cepat beradaptasi, mereka memiliki kemungkinan juga akan cepat dibuang.

“Para pembalap muda tiba di MotoGP pada usia yang sangat muda, karena banyak dari mereka memiliki bakat yang baik dan saya masih muda ketika saya pindah kelas. Tetapi saya mengatakan apabila saya ingin naik kelas, saya harus memenangkan gelar di Moto2,” ungkap Marquez, mengutip dari Motorsport-Total, Selasa (14/5/2019).

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

“Sekarang banyak pembalap muda yang naik daun dan langsung naik ke MotoGP. Itu adalah sesuatu yang membawa risiko, karena mereka yang tidak bisa cepat beradaptasi bisa kehilangan tempat duduk mereka,” tambah peraih tujuh gelar juara dunia grand prix itu.

Musim ini, pembalap rookie MotoGP 2019 rata-rata masih berusia muda. Fabio Quartararo berusia 20 tahun, diikuti Joan Mir (21 tahun), Francesco Bagnaia (22 tahun), dan Miguel Oliveira (24 tahun). Sementara dari keempatnya yang pernah meraih gelar juara dunia Moto2 adalah Bagnaia. Tetapi dari sederetan para pembalap rookie tersebut, sejauh ini performa paling memukau didapat Quartararo yang pernah meraih pole position di MotoGP Spanyol 2019.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini