nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lee Chong Wei Mencari Keajaiban di Olimpiade Tokyo 2020

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 20:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 17 40 2044878 lee-chong-wei-mencari-keajaiban-di-olimpiade-tokyo-2020-druLldkQRX.jpg Pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei (Foto: BWF)

KUALA LUMPUR – Dalam dunia olahraga, keajaiban bukanlah suatu yang mustahil. Hal itulah yang kini tengah dikejar oleh pebulu tangkis tunggal putra asal Malaysia, Lee Chong Wei, kala ia dengan sekuat tenaga sedang berusaha untuk tampil dalam gelaran Olimpiade 2020 yang akan dilangsungnya di Tokyo, Jepang.

Tentunya bukan rahasia lagi kalau Chong Wei merupakan salah satu pebulu tangkis terbaik yang pernah ada dalam sejarah. Sepanjang kariernya, pria yang kini berusia 36 tahun itu telah memenangkan 705 pertandingan dan menyabet 69 gelar juara internasional. Kendati begitu harus disayangkan karena dari sekian banyak jumlah gelar tersebut, Chong Wei selalu gagal mendapat medali emas Olimpiade.

(Baca juga: Gagal Juarai Malaysia Open 2019, Chen Long Curhat ke Lee Chong Wei)

Lee Chong Wei

Dalam kariernya, Chong Wei telah empat kali ikut serta dalam Olimpiade. Pada tiga Olimpiade terakhir, Chong Wei selalu berhasil menembus partai final. Sayangnya, dari tiga partai final itu, Chong Wei selalu menjadi runner-up. Teranyar, pada Olimpiade 2016 ia dikandaskan pebulu tangkis China, Chen Long, di partai puncak.

Meski begitu, semangat Chong Wei masih belum padam. Ia masih menanti keajaiban seperti yang terjadi pada pegulay Hungaria, Imre Polyak. Perlu diketahui, Polyak mendapat tiga medali perak dalam ajang olimpiade secara berturut-turut, yakni pada 1952, 1956, dan 1960. Akan tetapi, pada Olimpiade 1964 yang dihelat di Tokyo, Polyak mampu membuat sejarah dengan menyabet medali emas. Hal itulah yang kini sedang diperjuangkan Chong Wei, walau ia masih harus bertarung dengan penyakitnya dahulu.

Lee Chong Wei

“Saya menangis ketika saya diberitahu bahwa saya menderita kanker. Saya masih suka bulu tangkis, itu sebabnya saya belum siap untuk menggantungkan raket saya. Tetapi, saya akan mengambil waktu sebelum kembali ke lapangan. Saya menunggu lampu hijau dari dokter. Saya masih ingin pergi ke Tokyo. Memenuhi syarat untuk Olimpiade kelima saya tidak akan menjadi masalah,” ujar Chong Wei, menyadur dari laman resmi BWF, Rabu (17/4/2019).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini