nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rossi Minta Yamaha Pasang Winglet seperti Milik Ducati

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 14 April 2019 01:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 13 38 2043211 rossi-minta-yamaha-pasang-winglet-seperti-milik-ducati-PfSVgNs4h9.jpg Pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

AUSTIN – Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mendesak timnya untuk memasang winglet tambahan di lengan ayun seperti yang dilakukan Ducati. Menurut The Doctor, peranti tersebut dapat berperan penting dalam mendinginkan suhu ban belakang yang selama ini menjadi masalah utama Yamaha.

Langkah Ducati memasang winglet itu sudah diikuti Repsol Honda, yang ironisnya sempat memprotes perangkat tersebut usai MotoGP Qatar 2019. Motor RC213V milik Marc Marquez menjadi kelinci percobaan alat baru tersebut.

Melihat langkah Honda, Valentino Rossi lantas mendesak Yamaha untuk mengikuti. Apalagi, tim berlogo garpu tala tersebut sempat memasang perangkat yang mirip di lengan ayun motor saat balapan basah untuk mencegah masuknya air.

Winglet di motor Honda (Foto: MotoGP)

(Baca juga: Komentar Marquez Usai Uji Coba Lengan Ayun Baru)

“Menurut saya perangkat tersebut mungkin penting buat kami karena bisa membantu menurunkan sedikit suhu ban belakang, seperti yang dikatakan Ducati. Hal tersebut sangat bagus, terutama dalam balapan,” tutur Valentino Rossi, mengutip dari Motorsport, Minggu (14/4/2019).

“Jadi, saya mendorong Yamaha untuk memasang perangkat serupa. Kami sebelumnya punya sesuatu yang mirip untuk balapan basah. Mungkin tidak akan banyak perbedaan, tetapi cukup memberi bantuan kecil,” imbuh pembalap berusia 40 tahun tersebut.

Winglet di motor Ducati

Valentino Rossi mengaku tidak tahu kapan perangkat tersebut akan dipasang oleh Yamaha. Ia berharap dalam waktu dekat Yamaha mau melakukan perubahan agar tidak semakin tertinggal dari Honda dan Ducati yang terus mengalami peningkatan.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini