nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hulkenberg Dinilai Bisa Runtuhkan Dominasi Hamilton di F1

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 23:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 29 37 2011046 hulkenberg-dinilai-bisa-runtuhkan-dominasi-hamilton-di-f1-lBJl0LJwYR.jpg Pembalap Tim Renault, Nico Hulkenberg. (Foto: Twitter Renault)

OXFORDSHIRE – Pembalap Tim Mercedes, Lewis Hamilton, dapat dikatakan sangat mendominasi kompetisi Formula One (F1) dalam beberapa musim terakhir. Tercatat pembalap asal Inggris itu telah meraih empat kali gelar juara dunia F1 dalam lima musim terakhir. Suatu pencapaian yang luar biasa tentunya.

Akan tetapi menurut salah satu pembalap Tim McLaren, Carlos Sainz Jr, ada satu orang yang bisa meruntuhkan dominasi Hamilton di F1, bahkan mungkin pembalap tim papan atas lainnya. Pembalap yang dimaksud oleh Carlos Sainz adalah Nico Hulkenberg (Renault). Hulkenberg dulunya adalah rekan setim Carlos Sainz saat masih membela Renault di F1 2018.

Baca Juga: Gunakan Mesin Baru, Renault Yakin Bisa Berbicara Banyak di F1 2019

Selama kurang lebih satu musim bersama Hulkenberg itu, Carlos Sainz menilai pembalap berpaspor Jerman tersebut sangat luar biasa. Hal itu dapat dibuktikan dari klasemen akhir F1 2018, di mana Hulkenberg menempati posisi ketujuh atau dikatakan tempat paling atas pembalap kelas menengah di F1.

Hulkenberg mampu berada tepat di bawah enam pembalap yang berada di tim papan atas F1, yakni masing-masing dua driver Mercedes, Scuderia Ferrari, dan Red Bull. Dari fakta tersebut, Carlos Sainz menilai Hulkenberg bisa saja memenangkan suatu balapan dengan mudah bila bergabung ke tim di antara ketiga tim papan atas itu. Pasalnya dengan menggunakan mobil Renault, bersaing dengan ketiga tim itu akan menjadi perkara yang sulit.

“Tahun di mana saya bergabung dengan Renault, Nico (Hulkenberg) sudah melakoni musim yang sangat kuat. Bertahun-tahun saya melihat dia mampu menampilkan level tertinggi untuk tim papan tengah. Bila dia diberikan kursi balap di tim Mercedes, Ferrari, atau Red Bull, maka saya yakin dia akan langsung memenangi balapan,” ujar Carlos Sainz, dikutip dari Motorsport, Selasa (29/1/2019).

“Sayangnya hal itu jelas akan sulit terwujud, karena cara kerja di F1 tak semudah itu. Saya telah belajar banyak dari Nico. Di adalah salah satu pembalap paling berbakat di F1 yang pernah saya dampingi, dan saya akan membawa pengalaman itu ke McLaren,” tukasnya.

(RNR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini