nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cedera Bahu Cukup Parah, Dokter Kaget Marquez Bisa Juara Dunia

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 11:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 07 38 1988038 cedera-bahu-cukup-parah-dokter-kaget-marquez-bisa-juara-dunia-5UhcFCTCmH.JPG Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez (Foto:MotoGP)

BARCELONA – Dr. Xavier Mir merupakan satu dari tiga dokter yang menangani operasi bahu kiri Marc Marquez. Bersama Dr. Victor Marlet dan Teresa Marlet, Dr. Mir menjalankan operasi di Hospital Universitario Dexeus, Barcelona, Spanyol pada Selasa 4 Desember 2018. Dr. Mir mengaku sangat terkejut pembalap Repsol Honda tersebut bisa meraih gelar juara dunia dengan cedera yang cukup parah.

“Itu lebih rumit dari yang diharapkan, bahkan jika itu tampak mudah baginya. Terus terang saya tidak mengerti bagaimana dia bisa memenangkan dunia dalam kondisi seperti itu, tetapi kenyataannya seperti ini, dia (Marquez) membuat bahunya bergerak ke segala arah dan kami harus melakukan dua hal selama operasi,” ujar dokter Mir, melansir dari laman Tutto Motori Web, Jumat (7/12/2018).

Baca juga: Kondisi Terkini Marquez Usai Lakukan Operasi Bahu

“Soal kembali pulih 100%, tak ada yang bisa menjamin. Tapi kami, usai operasi, bahkan saat Marc tertidur, melakukan tes stabilitas. Kami coba menggerakkan bahunya ke segala arah, dan jika dilihat dari pengamatan di monitor, bahunya tak lagi dislokasi. Ini tanda baik, karena saat ia sadar ototnya juga lebih menopang. Saat ia rileks, tulang humerusnya juga bisa lebih bergerak leluasa,” sambungnya.

Marquez sendiri sebenarnya sudah lama mengalami cedera pada bahu kirinya yakni sejak 2014, dan sejak itu pula tulang bahunya kerap mengalami dislokasi selama empat tahun terakhir.

Akan tetapi, pembalap asal Spanyol itu enggan menjalani operasi lantaran musim kompetisi MotoGP 2018 masih berlangsung. Marquez sadar, jika ia menjalani operasi maka ia akan absen dalam beberapa seri balapan dan dengan begitu peluangnya untuk meraih gelar juara bakal menipis.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini