nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MotoGP Perketat Regulasi Fairing untuk Musim Balap 2019

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 27 Agustus 2018 18:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 27 38 1942046 motogp-perketat-regulasi-fairing-untuk-musim-balap-2019-eqwUhV45SL.jpg Para pembalap MotoGP (Foto: Autosport)

SILVERSTONE – Direktur Teknik MotoGP, Danny Aldridge, mengumumkan adanya perubahan regulasi untuk musim balap 2019, utamanya terkait desain fairing. Sebelumnya, pada Juli lalu, otoritas MotoGP sudah mengumumkan larangan penggunaan bodywork yang bisa dilepas sesuai kebutuhan aerodinamika.

Dalam aturan baru tersebut, desain fairing dikonfirmasi akan lebih terbatas terkait ukurannya. Namun, tidak dijelaskan lebih spesifik mengenai ukuran pasti dari fairing.

Aldridge mengatakan, desain fairing baru nantinya harus pas dengan sebuah kotak besi yang dibentuk sedemikian rupa. Fitur tersebut akan digunakan untuk mengecek apakah desain fairing baru dari tim-tim sudah sesuai batasan yang ditentukan regulasi atau belum.

Repsol Honda

(Fairing milik Repsol Honda. Foto: Autosport)

(Baca juga: Tidak Ada Perubahan Aturan untuk Fairing Motor MotoGP di 2018)

“Kami sudah membatasi ukuran lubang angin yang sebelumnya 600 milimeter (mm) dari atas ke bawah, saat ini harus sesuai dengan dimensi motor. Area atas masih tetap 600 mm, sementara bagian terendah harus di bawah 550 mm dengan lebar 550 mm,” ujar Aldridge, dinukil dari Autosport, Senin (27/8/2018).

“Cara kami mengontrolnya adalah dengan membentuk semacam kotak check-in di mana bagian itu harus masuk ke dalam struktur tersebut. Yang kami sepakati adalah memasukkan kotak itu ke dalam motor, bukan sebaliknya,” imbuh pria asal Inggris tersebut.

Ducati Corse

(Desain fairing Ducati. Foto: Situs resmi MotoGP)

Pada musim MotoGP 2018, semua tim diwajibkan hanya memakai satu desain fairing saja. Akan tetapi, ada beberapa tim, seperti Honda dan Ducati, yang memanfaatkan celah regulasi dengan mengenalkan fairing evolusi yang bisa digunakan sesuai kebutuhan aerodinamika di sirkuit tertentu.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini