Image

2 Pebulu Tangkis Indonesia Lolos Kualifikasi ke Youth Olympic Games 2018

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 12:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 17 40 1899358 2-pebulu-tangkis-indonesia-lolos-kualifikasi-ke-youth-olympic-games-2018-aW8Mk7wV00.jpg Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay (Foto: PBSI)

TIM bulu tangkis Indonesia berhasil mendapat dua jatah untuk tampil ke Youth Olympics Games 2018 yang akan berlangsung di Buenos Aries, Argentina, pada 7-12 Argentina 2018. Dua jatah tersebut akan menjadi milik satu pemain tunggal putra dan putri.

Berdasarkan daftar resmi yang telah dirilis BWF kedua pemain Indonesia yang mendapat jatah untuk tampil ke Youth Olympic Games 2018 adalah Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay dan Asty Dwi Widyaningrum.

Daftar tersebut diambil berdasarkan ranking dunia BWF untuk kategori junior. Ikhsan sendiri berada di peringkat keenam dunia, sedangkan Asty duduk di posisi 22 dunia. Setiap negara pun hanya berhak mengirimkan maksimal dua pemain putra dan putri (jika satu negara memiliki dua pemain di peringkat 1-4 dunia). Pemain yang terpilih merupakan pemain di nomor tunggal.

Baca juga PBSI Targetkan Satu Gelar di Indonesia Open 2018

Cabang olahraga bulu tangkis di Youth Olympic Games 2018 memang hanya akan memperebutkan tiga medali emas yang terdiri dari nomor tunggal putra, putri dan beregu campuran. Namun khusus untuk beregu campuran, tim akan terdiri dari gabungan para pemain tunggal putra dan putri yang lolos ke Youth Olympic Games 2018. Artinya setiap tim beregu campuran akan terdiri dari gabungan berbagai negara.

Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay (Foto: PBSI)

Maka dari itu, Ikhsan dan Asty akan berpeluang merebut dua medali karena akan tampil di nomor individu (tunggal) dan beregu campuran. Pebulu tangkis yang akan ikut dalam ajang empat tahun sekali ini adalah sebanyak 32 pemain. Peserta yang berpartisipasi pada Olimpiade Remaja ini merupakan pebulu tangkis yang berusia 16-18 tahun.

Dari daftar yang dirilis BWF tersebut, tercatat hanya 27 pemain yang lolos ke Youth Olympic Games berdasarkan rangking dunia junior. Sementara satu tempat lagi akan dimiliki pemain tuan rumah, dan empat sisanya akan diberikan kepada penerima wild card dari BWF.

Juara dunia di nomor tunggal putra yakni Kunvalut Vitidsarn akan berpartisipasi dalam ajang ini. Viditsarn pun menjadi pemain yang difavoritkan untuk meraih medali emas, terlebih ia kini menempati peringkat satu dunia di ranking BWF dunia junior.

Kunvalut Vitidsarn (Foto: PB Djarum)

Sementara dari nomor tunggal, favorit peraih medali emas adalah Goh Jin Wei asal Malaysia. Peraih medali emas SEA Games 2017 itu akan mendapat saingan berat dari peringkat satu dunia junior yakni Pattarasuda Chaiwan asal Thailand.

Pada Youth Olympic Games 2014 di Nanjing, Indonesia diwakili Anthony Sinisuka Ginting di tunggal putra dan Ruselli Hartawan di tunggal putri. Merah Putih hanya pulang membawa satu medali perunggu yang diraih oleh Anthony di nomor tunggal putra.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini