Image

Ricciardo Persembahkan Kemenangan F1 GP China 2018 untuk Tim Red Bull

Bagas Abdiel, Jurnalis · Minggu 15 April 2018 17:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 15 37 1886917 ricciardo-persembahkan-kemenangan-f1-gp-china-2018-untuk-tim-red-bull-MfJMq4Nb7D.jpg Daniel Ricciardo (Foto: AFP)

SHANGHAI – Pembalap Tim Red Bull, Daniel Ricciardo, mengaku senang bisa meraih kemenangan di balapan Formula One (F1) 2018 seri ketiga yang berlangsung di Sirkuit Internasional Shanghai, China, Minggu (15/4/2018) siang WIB. Kemenangan ini pun ia persembahakan untuk seluruh Tim Red Bull yang telah berjuang keras pada musim ini.

Capaian ini terasa menyenangkan bagi Ricciardo dan tim karena kemenangan ini telah dinanti-nanti sejak musim lalu. Terakhir pembalap berpaspor Australia itu memenangi balapan adalah pada musim 2017 di Sirkuit Baku City, Azerbaijan.

Pembalap berusia 28 tahun itu sebenarnya tidak menyangka bisa memenangi balapan tersebut. Pasalnya ia sendiri start dari posisi keenam dan sejauh ini catatannya di F1 2018 Ricciardo belum pernah memaksimalkan kemampuannya untuk naik podium.

Baca juga Hasil Race F1 GP China 2018

Pada seri perdana, Ricciardo harus puas finis di tempat keempat kala naik tampil di hadapan publik sendiri. Sementara di F1 GP Bahrain, rekan setim Max Verstappen itu gagal mendapat poin karena tak mampu menyelesaikan balapan.

Kemenangan ini tentu saja ia persembahkan kepada tim yang telah membuat strategi yang baik pada kesempatan ini. Ricciardo merasa kerja keras timnya tidak sia-sia berkat kemenangan yang ia peroleh pada balapan kali ini.   

“Ini tidak terduga. 24 jam lalu saya pikir kami akan memulai yang terakhir di grid. Pertama, terima kasih kepada tim, saya mengucapkan terima kasih. Tetapi ini adalah hadiah yang nyata untuk pekerjaan itu. Para mekanik bekerja mati-matian,” ungkap Riccardo, mengutip dari Crash, Minggu (15/4/2018).

Salah satu kunci keberhasilan Ricciardo pada balapan kali ini tidak terlepas dari adanya safety car yang berbarengan dengan ia mengambil langkah untuk pit stop. Hal tersebut jelas membuat jarak antar para pembalap tidak terlalu jauh usai dirinya melakukan pit stop.

Baca juga Ricciardo: Red Bull Semakin Dekat dengan Mercedes

“Itu sangat riuh. Saya mendengar kami memiliki safety car (ketika saya berada di tikungan 14) dan diberitahu bahwa kami akan ke pit stop. Itu terjadi sangat cepat dan menentukan. Mereka yang menang (tim), jadi terima kasih kepada semua orang di Red Bull,” tambahnya.

Setelah pit stop performa ban yang dimiliki Ricciardo jelas lebih unggul ketimbang Lewis Hamilton, Sebastian Vettel, Kimi Raikkonen dan juga Valtteri Bottas. Hal tersebut akhirnya membuat Ricciardo tampil percaya diri menggunakan bannya untuk menyusul para pembalap lain. Termasuk Bottas yang memimpin jalannya balapan.

“Saya sangat menikamtinya. Jelas kami memiliki ban lembut sehingga saya tahu kami bisa mendapatkan lebih banyak dari itu di bawah pengereman mereka. Anda memiliki banyak waktu untuk mendapatkan satu kesempatan, jadi saya memanfaatkan kesempatan ini,” pungkasnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini