Image

Carlos Sainz Kuasai Reli Dakar Stage Ke-7

Laili Rabiul Awaliah, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018, 22:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 14 43 1844776 carlos-sainz-kuasai-reli-dakar-stage-ke-7-RSG3DF99Ut.jpg Carlos Sainz (Foto: AFP)

PARIS – Pembalap Peugeot, Carlos Sainz, kalahkan pimpinan balapan Reli Dakar 2018 yakni rekan setimnya, Stephane Peterhansel, yang gagal memiliki waktu terbaik di stage 7. Sementara posisi runner-up ditempati oleh Giniel de Villiers lalu di tempat ketiga ada Nasser Al-Attiyah.

Usai memenangkan stage pertamanya di Arequipa – La Paz, Sainz melanjutkan dominasinya pada rute berikut usai sesi yang digelar di Ibu Kota Bolivia. Sainz menyelesaikan trek sepanjang 425 km.

Ia mencapai garis finis dengan waktu empat jam 49,26 detik. Pada catatan waktu tersebut Sainz memimpin klasemen stage pembalap dan merebutnya dari tangan pereli asal Prancis tersebut, Peterhansel.

Sebelumnya, Peterhansel unggul 27 menit pada class leader dari Sainz sebelum stage Sabtu 13 Januari 2018. Namun saat balapan, ia terpaut tiga menit di belakang Sainz karena waktunya terhambat akibat menabrak batu saat hendak melewati pereli motor.

Peugeot 3008DKR milik Peterhansel Maxi mengalami kerusakan parah pada suspensi belakang. Bahkan, pembalap berusia 52 tahun itu  sempat terkapar. Namun, asisten tim Peugeot, Cyril Despres, membantu perbaikan mobil hingga bisa melanjutkan lomba setelah kehilangan waktu lebih dari 1,5 jam.

Akhirnya, Peterhansel menyelesaikan stage dengan selisih waktu satu jam 20 menit 46 detik dari waktu Sainz . Ia pun turun menempati tempat ketiga di klasifikasi umum diantara Al-Attiyah urutan kedua, dan disusul oleh Giniel de Villiers dari Toyota. 

Sebelumnya, rekan setim De Villiers, Bernhard ten Brinke sempat unggul atas kedua pereli Toyota lainnya. Ia kehilangan lebih dari 30 menit. Namun, pereli Qatar itu kini menjadi pembalap Toyota terdepan dengan selisih satu jam 11 menit dari Sainz.

"Ini merupakan stage yang sangat berat dan sulit. Ini tentang bertahan hidup saat balapan dan masih banyak stage yang tersisa. Hal terpenting bagi kami adalah melanjutkan hari tanpa mengalami masalah,” ujar Sainz, mengutip dari Motorsport, Minggu (14/1/2018).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini