Korsel Sambut Baik Keinginan Korut Tampil di Olimpiade Musim Dingin 2018

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 01 Januari 2018 22:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 01 43 1838491 korsel-sambut-baik-keinginan-korut-tampil-di-olimpiade-musim-dingin-2018-zoMwfjfma4.jpg Ketua Penyelenggara Olimpiade Musim Dingin 2018, Lee Hee-beom (Foto: AFP)

SEOUL – Korea Selatan menyambut baik keinginan Korea Utara untuk tampil di Olimpiade Musim Dingin 2018 yang akan berlangsung di PyeongChang pada 9-25 Februari 2018. Hal itu disampaikan langsung Ketua Panitia Penyelenggara Olimpiade Musim Dingin 2018 yakni  Lee Hee-beom.

Lee mengatakan bahwa ini merupakan tanda positif bagi Korea Utara yang menunjukkan kesediannya untuk ambil bagian dalam Olimpiade Musim Dingin. Sebab pernyataan tersebut juga disampaikan langsung oleh Presiden Korea Utara yakni Kim Jong-un yang menyatakan siap mengirim delegasi ke ajang multievent itu.

Sebelumnya Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan pihak Korea Selatan pun telah membujuk Korea Utara untuk ikut berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Dingin. Bahkan Lee juga mengatakan bahwa negara yang mencintai perdamaian memiliki kewajiban untuk tampil di Olimpiade. Lee juga memastikan bahwa negara tetangganya itu sudah mendapat jaminan aman di Korea Selatan.

Baca juga Peraih 4 Emas Olimpiade 2016 Ini Berubah Peran di Tim Senam AS

“Panitia penyelenggara kami telah membuat persiapan untuk partisipan dari Korea Utara. Semua proses akomodasi delegasi dari Korea Utara dan transportasi sudah tersedia,” ungkap Lee, mengutip dari Yonhapnews, Senin (1/1/2018).

Korea Utara sendiri sejatinya memiliki dua atlet yang lolos ke Olimpiade Musim Dingin di cabang olahraga figure skating. Dua wakil tersebut adalah pasangan duo Ryom Tae-ok dan Kim Ju-sik yang lolos dari kualifikasi untuk tampil ke ajang tersebut.

Baca juga Hasegawa Optimis Honda Semakin Kuat Bersama Toro Rosso di F1 Musim 2018

Namun begitu, Korea Utara telah melewatkan pendaftaran atlet yang akan tampil pada 30 Oktober 2017. Tetapi IOC memberikan kelonggaran kepada Korea Utara yang mana akan memberikan wild card kepada para atletnya untuk tampil di PyeongChang.

“Prinsip dasar bagi IOC adalah Korea Utara dapat bersaing dalam hal apa pun yang diinginkannya. Tetapi Korea Utara tidak akan bisa mengirim atlet ke setiap cabang olahraga. Namun saya berharap mereka bisa memiliki perwakilan di figure skating, short track dan cross country ski,” tutupnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini