Image

Ciptakan 2 Ban Baru Musim 2018, Pirelli Berikan Jaminan kepada Seluruh Pembalap F1

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 05:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 08 37 1827097 ciptakan-2-ban-baru-musim-2018-pirelli-berikan-jaminan-kepada-seluruh-pembalap-f1-jSheWQXhtY.jpg Pirelli (Foto:AFP)

MILAN – Produsen ban asal Italia, Pirelli, telah telah memberikan jaminan kepada seluruh pembalap setelah menciptakan ban dengan senyawa Superhard untuk digunakan di gelaran Formula One (F1) musim 2018. Ban tersebut dinilai dapat memberikan para tim F1 sebuah strategi kokpit alternatif.

Setelah menjalani satu musim penuh dengan mobil baru yang lebih cepat dan ban yang lebih besar, kini Pirelli mengeluarkan seluruh terobosannya dengan menciptakan dua ban kering tambahan yakni Hypersoft dan Superhard yang dapat digunakan oleh seluruh pembalap.

Nyatanya dua ban baru Pirelli ini tidak sepenuhnya mendapat respon positif. Beberapa tim bahkan telah mengeritik Pirelli karena menciptakan ban mobil baru yang sepertinya tidak akan pernah sesuai untuk digunakan.

Baca Juga:

(Tersulut Emosi, Daniel Ricciardo Perlihatkan Gestur Tak Terpuji di FP2 GP Abu Dhabi)

Pasalnya ban Hard milik Pirelli yang terlebih dahulu diciptakan, jarang digunakan oleh para pembalap untuk mengaspal di sirkuit. Sementara ban Ultrasoft yang memang sering digunakan oleh para pembalap dinilai memiliki tingkat degradasi ban yang sangat tinggi.

Jika dibandingkan dengan ban Hypersoft yang memiliki tingkat kelunakan dua kali lebih besar, makan diperkirakan ban baru Pirelli ini tidak akan mampu bertahan lama melawan tajamnya aspal lintasan.

“Cukup sederhana, ini adalah asuransi kami. Pada dasarnya kami asumsikan kami tidak akan pernah menggunakan ban Superhard. Tapi masih sulit bagi kami untuk menilai seberapa cepat mobil baru ini akan dikembangkan, dan apakah beberapa sudut bisa menjadi kritis,” ungkap bos Pirelli, Mario Isola, menyadur dari Sportsmole, Jumat (8/12/2017).

“Ban Hard sudah cukup untuk bertahan di sirkuit ini. Tapi menurut peraturan yang ada, kami bisa menambahkan senyawa lain selama musim ini. Jadi hal ini kami nilai lebih aman ketimbang kami menyesal kemudian,” tuntasnya.

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini