Kolaborasi Indonesia-Jepang-Filipina Jadi Kandidat Tuan Rumah FIBA Basketball World Cup 2023

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 24 November 2017 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 24 43 1819732 kolaborasi-indonesia-jepang-filipina-jadi-kandidat-tuan-rumah-fiba-basketball-world-cup-2023-rf3wQTMZrD.jpg FIBA Basketball World Cup (Foto: Laman resmi FIBA)

MIES – Untuk pertama kalinya FIBA Basketball World Cup akan menggelar pertandingan yang dipentaskan lebih dari satu negara, tepatnya di edisi 2023. Gelaran akbar ini bisa terjadi setelah adanya konfirmasi dari beberapa negara yang siap berkolaborasi menjadi tuan rumah. Sebut saja Argentina-Uruguay serta Indonesia- Jepang-Filipina.

Kedua kandidat telah memberikan segala berkas yang dibutuhkan untuk menjadi tuan rumah. Beberapa negara tersebut menaruh minat untuk berpartisipasi dalam menyelenggarakan kompetisi unggulan FIBA yang ke-19.

Terjalinnya kerja sama dengan beberapa negara tersebut juga telah dikonfirmasi Patrick Baumann selaku Anggota Sekretaris FIBA dan Komite Olimpiade Internasional (IOC).

“Dengan senang hati kami mengumumkan Argentina/Uruguay dan Indonesia/Jepang/Filipina sebagai dua kandidat terakhir untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023,” tegas Baumann, sebagaimana dilansir laman resmi FIBA, Jumat (24/11/2017).

“Beberapa tahun terakhir kami telah melihat bagaimana beberapa negara mampu bekerja sama untuk mencapai turnamen terbesar dan pada akhirnya kami telah berhasil. Inilah yang terjadi pada dua edisi terakhir FIBA EuroBasket, FIBA AfroBasket 2017 dan FIBA AmeriCup 2017,” lanjutnya.

“Kami sangat yakin formula ini juga akan berpengaruh besar bagi kompetisi andalan kami. Selain itu, ini adalah negara dengan tradisi basket yang kaya akan penggemar dan penuh gairah,” tandasnya.

Beberapa negara tersebut akan mempresentasikan pencalonan mereka ke Dewan Pusat FIBA pada Sabtu 9 Desember 2017 dengan urutan Indonesia/Jepang/Filipina dan Argentina/Uruguay. Negara yang akan bertindak sebagai tuan rumah kompetisi akan diumumkan di hari yang sama setelah mendapatkan suara dari Dewan Pusat.

Nantinya jika Indonesia terpilih jadi tuan rumah, Istora Senayan yang biasanya menggelar turnamen bulu tangkis, akan disulap menyelenggarakan Piala Dunia basket tersebut

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini