Kim Jong Un Absen Menyambut Atlet Korut

Arief Hadi Purwono, Jurnalis · Senin 06 Oktober 2014 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 06 43 1048877 KfwFbPUGwQ.jpg Atlet Korea Utara. (Foto: Kim Kyung-Hoon/Reuters)

PYONGYANG – 150 atlet yang telah berjibaku di Asian Games telah sampai di kota Pyongyang, Korea Utara. Kehadiran mereka pun disambut oleh rakyat Korut yang memadati jalanan. Namun sosok yang ditunggu-tunggu, tak menampakkan batang hidungnya.

Ya, Pemimpin Korut, Kim Jong Un yang juga fanatik olahraga itu tak terlihat bersama rakyatnya untuk menyambut para pahlawan mereka. Ia diyakini tengah sakit saat ini, sehingga tak ikut dalam penyambutan.

Meski tanpa kehadiran Kim Jong Un, rakyat tetap antusias menyambut mereka. Terlebih para atlet mencatatkan raihan terbaik sejak 1990, dengan raihan 11 medali emas dan 25 medali perak serta perunggu.

Para atlet tersebut dipimpin oleh pesepakbola wanita yang menumbangkan Jepang di final dengan skor 1-0. Beberapa media di Negara Komunis itu pun, menggambarkan bagaimana atmosfer di kota Pyongyang.

“Para pemain menerima sambutan yang sungguh luar biasa dari seratus hingga ribuan wagra di Pyongyang yang memadati jalanan,” agen Korean Central News (KCNA) melaporkan, Senin (6/10/2014).

“Kami dengan hangat menyambut pria dan wanita kebanggaan kami yang mengangkat martabat dan kekuatan dari Korea utara,” imbuh KCNA.

Olahraga yang menjadi alat pemersatu bangsa pun kembali terbukti. Mengingat para atlet Korut disambut baik oleh negara tuan rumah, Korea Selatan.

(FAP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini