nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ke Asean Para Games, Indonesia Tanpa Target Juara Umum

Bramantyo, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2014 15:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 01 10 43 924639 htYwmNLEce.jpg Roy Suryo melepas 150 atlet untuk Asean Para Games.(foto:Bramantyo/okezone)

SOLO - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo secara resmi mengukuhkan sekaligus melepas Kontingen Indonesia yang akan berlaga di The 7th Asean Para Games, Myanmar 2014 di Solo, Jawa Tengah.

Dalam Asean Para Games ke-7 yang akan digelar di Naypydaw, Myanmar  14--20 Januari, Indonesia berangkat tanpa target menjadi juara umum. Belajar dari SEA Games yang juga digelar di Myanmar, di mana Indonesia gagal menjadi juara umum, di Asean Para Games, Indonesia menargetkan bisa menyamai prestasi yang diperoleh pada Asean Paragames ke-6 di Kota Solo, Jawa Tengah, tahun 2011 lalu.

“Saya harus realistis, dari penyelenggaraan Asean Paragames sebelumnya Thailand selalu menjadi juara umum. Paling tidak masuk dalam tiga besar,” jelas Menpora kepada wartawan seusai mengukuhkan dan melepas kontingen Asean Paragames ke-7 di Gedung Pusat Pengembangan dan Latihan Rehabilitasi Para Cacat Bersumberdaya Masyarakat (PPRBM) di Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/1/2013).

Menyangkut masih minimnya sarana dan prasarana untuk para atlet penyandang difabel,Roy Suryo mengakui hingga saat ini pemerintah belum bisa memberikan sarana dan prasarana yang maksimal bagi para atlet penyandang difabel tersebut.

Menyangkut bonus yang akan diberikan kepada atlet penyandang difable, Roy belum bisa menjanjikan. Namun, pihaknya menjanjikan akan memberikan bonus kepada para atlet yang berprestasi dalam ajang tersebut meskipun nilainya belum ditentukan.

“Saya belum bisa menjanjikan apa-apa, tetapi pemerintah tetap akan memberikan apresiasi kepada atlet yang berprestasi. Sama seperti atlet yang berjuang di SEA Games Myanmar kemarin, meskipun prestasinya kurang tetap kita apresiasi,” jelasnya lagi.

Dalam Asean Para Games ini, Indonesia mengirimkan 150 atlet penyandang difabel. Indonesia di Asean Para Games akan mengikuti 8 cabang olah raga dari 13 cabang yang dipertandingkan.

Ke delapan cabang olah raga yang akan diikuti kontingen Indonesia yaitu atletik dengan 47 atletnya, angkat besi dengan 11 atlet, bola voli duduk dengan 10 atlet, catur dengan 13 atlet, goal ball ada lima atlet, panahan dengan tujuh atlet, renang dengan 33 atlet, serta tenis meja memberangkatkan 24 atlet.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini