nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berlatih Melawan Arus Laut, Papua Juara Umum

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2012 16:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 10 12 43 703105 IfQNM5tJP1.jpg Jaya Kusuma.(foto:Banda)

PEKANBARU - Kontingen Papua berhasil menjadi juara umum cabor renang di Peparnas XIV dengan 24 emas 9 perak dan 4 perunggu sampai hari terkahir pertandingan. Sementara, rangking 2 di cabang ini ditempati kontingen Kalimantan Selatan dengan 14 emas 8 perak dan 5 perunggu.

 

Kepala Pelatih renang Papua Jaya Kusuma mengatakan bahwa hasil yang diraih para atletnya telah melebih target. Di mana dalam cabang ini sebenarnya Papua hanya menargetkan 12 emas.

 

Hal itu karena di Papua sangat minim sekali tempat latihan untuk para atlet. Meski ada, itu hanya kolam milik TNI di Jaya Pura yang tidak memenuhi standar Nasional untuk cabang renang karena panjangnya hanya 33 meter.

 

"Jadi atlet yang kita bawa itu semuanya belajar dari alam. Saat latihan kita bawa ke laut. Di sana mereka berenang melawan arus laut," kata Jaya Kusuma Jumat (12/10/2012).Ini tentu berbeda dengan daerah lain yang mempunyai latihan di kolam renang yang cukup memadai.

 

Menurut dia, untuk cabang renang di Peparnas ini, hampir setengahnya adalah atlet baru. Namun para paralimpian yang baru inilah malah banyak menelurkan prestasi yang baik. "Kita memang ada kesulitan membina atlet renang. Salah satunya karena mereka sulit diatur. Orangnya keras-keras tapi fisiknya kuat. Jadi harus ada trik khusus agar bisa mendidik mereka. Bahkan karena tidak disiplinnya ada 3 atlet renang yang kita coret, bahkan mereka dari Pelatnas," tukasnya.

(fit)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini