Schumi Beberkan Alasan Belum Bisa Optimal

Rejdo Prahananda, Jurnalis · Senin 19 Desember 2011 09:06 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 19 37 544108 UxNNit1apf.jpg Foto: Michael Schumacher (Getty Images)

BRACKLEY – Juara dunia lintasan F1, tujuh musim, Michael Schumacher mengutarakan alasannya mengapa hingga tiga musim kembalinya ke kokpit F1 belum bisa memberikan kontribusi maksimal. Schumi menganggap, izin melakukan ujicoba yang tidak diberikan FIA sepanjang musim menjadi kendala buatnya untuk menunjukkan kontribusi maksimal sekembalinya dari pensiun.

 

Sedikit memprihatinkan, bila mengurut kembalinya sang legenda balap tersebut. Bayangkan, sejak melintas lagi pada 2009 silam, Schumi belum pernah sekalipun naik ke atas podium. Tanpa sesi pengujian, Schumi merasa kehilangan kesempatan untuk mempelajari masalah baru yang timbul pada mobilnya seperti ban dll.

 

Kontras dengan masa jayanya, di awal era 2000-an di mana pembalap veteran asal Jerman tersebut mendominasi setiap musimnya. “Saya berpikir, saya mungkin akan naik podium setidaknya beberapa kali,” sesal Schumacher sebagaimana dikutip PlanetF1, Senin (19/12/2011).

 

Menurut Schumacher, sesi tes perlu dilakukan setiap tim untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan mereka saat roda kompetisi sedang berputar. “Bersama, kami bekerja untuk meningkatkan perfoma tetapi kami tidak setuju dengan itu. Di F1, tidak ada tongkat ajaib.”

 

“Di masa lalu, kami melakukan banyak pengujian mobil. Hari ini tidak, jadi saya memiliki masalah dengan ban. Saya tidak tahu bagaimana caranya memahaminya dengan benar,” ujar Schumacher mengutarakan masalah yang didapat saat sesi pengujian di sepanjang musim dihilangkan.

 

Dia melanjutkan, dengan kesempatan ujicoba yang diberikan dia bisa mempelajari mobil lebih dalam dan dapat memahaminya lebih dalam.“Sebelumnya, saya datang ke balapan dan tahu apa yang terjadi selanjutnya. Sekarang, test tidak berlangsung hingga hari Jumat dan saya terbiasa dengan sistem ini."

 

Schumacher kembali menegaskan motivasi dan komitmen besarnya untuk tetap bertahan di kursi F1. Pembalap veteran tersebut yakin, masih memiliki kapasitas mumpuni untuk meraih hasil optimal di musim ke depannya.

 

“Beberapa telah mempertanyakan, apakah suasan hati saya telah berubah,” bilangnya. “Ini sangat bagus, jika seseorang di luar tidak membuat dugaan tanpa mengetahuinya,” imbuh mantan pembalap Ferrari dan Benetton-Ford itu

(edo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini