McLaren: Strategi Jitu Sangat Penting

Hendra Mujiraharja, Jurnalis · Rabu 20 April 2011 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 20 37 448105 91Br5CaZnl.jpg Skuad McLaren merayakan kemenangan Lewis Hamilton. Foto: Reuters

WOKING - McLaren tengah bersaing dengan Red Bull dalam perebutan tempat ketiga. The Silver Arrows mengatakan strategi jitu sangat penting dalam meraih kesuksesan tahun ini.

 

Saat ini, kru tim yang bermarkas di Woking, Inggris itu, memang tengah berusaha mengembangkan performa mobil untuk bersaing dengan Red Bull. Namun, McLaren juga merasa mobil cepat tidak akan berguna, jika salah dalam menerapkan taktik saat lomba.

 

Hasilnya terbukti pada balapan terakhir di China, pekan kemarin. Ketika itu, Sebastian Vettel yang memulai lomba dari posisi terdepan, untuk pertama kalinya gagal memenangi lomba setelah dikalahkan Lewis Hamilton.

 

Lantas, ketika ditanya apakah penggunaan strategi dan pengembangan mobil, menjadi sebuah kesuksesan penting dalam perebutan gelar juara Formula One (F1) tahun ini? Tim principal McLaren Martin Whitmarsh kepada Autosports, Rabu (20/4/2011) menjawab: "Saya rasa kedua hal itu sama pentingnya."

 

"Apa yang telah dikembangkan sekarang, dan Anda harus memberikan kredit kepada Pirelli untuk itu, adalah bahwa dengan kombinasi ban Pirelli, DRS dan KERS, kami sekarang memiliki dua balapan di sirkuit yang secara historis tanpa hujan belum menghasilkan kegembiraan. Namun, saya berharap dan percaya kami berada pada posisi yang tepat di F1," kata Whitmarsh.

 

"Sangat mudah - Anda berada di tepi-pisau yang mencoba untuk menentukan strategi. Namun, Anda sedikit membuat kesalahan, yang membuat tim anda sedikit menderita. Ban Pirelli adalah sebuah tantangan buat tim, juru mesin dan pembalap. Saya pikir itu adalah sebuah hal yang sehat," tandasnya.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini