Vettel Kaget, Button Nyasar Masuk Pit Red Bull

Achmad Firdaus, Jurnalis · Rabu 20 April 2011 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 20 37 447988 55b1uVyseO.jpg Foto: Kru mekanik Red Bull melihat kubu McLaren mengerjakan mobil Jenson Button di area pitstop Shanghai/Getty Images

SHANGHAI - Kejadian unik sempat terjadi pada Grand Prix Shanghai, Minggu (17/4/2011) kemarin. Pemicunya adalah ulah pembalap McLaren Jenson Button yang sempat salah masuk pit.

Diketahui, kejadian tersebut bermula saat Button yang diikuti Sebastian Vettel di belakangnya sama-sama ingin masuk pitstop untuk mengganti ban. Nah, kejadian unik pun terjadi pada lap ke-14, ketika Button tiba-tiba nyasar masuk ke garasi yang berisi kerumunan awak tim, namun bukan kru McLaren, melainkan Red Bull.

Lebih lucunya lagi, Button nampak tidak sadar bila ia telah salah masuk pit dan sempat menghentikan mobilnya sebelum kru Red Bull memberitahunya bahwa kru mekaniknya sudah menunggunya tepat di depannya. Atas kejadian ini, Button pun harus rela kehilangan waktu dan juga posisinya diambil Vettel, karena pembalap Jerman itu lebih dulu keluar dari pit.

Menyikapi kejadian ini, Vettel pun terkejut dan tertawa melihat kejadian tersebut. “Saya terkejut ketika Jenson (Button) datang ke garasi saya dan berhenti di depan saya. Saya berharap dia terus melanjutkannya ujar Vettel seperti dikutip Crash, Rabu (20/4/2011).

Pembalap muda Jerman ini tidak habis pikir bagaimana Button tidak bisa membedakan warna jaket kru timnya dengan kru tim Red Bull yang jelas-jelas berbeda. Kru McLaren mengenakan jaket putih strip merah, sementara kru Red Bull dengan warna biru tua.

“Beberapa tahun lalu, kami (Red Bull) memiliki warna yang mirip dengan Toro Rosso. Saya tidak tahu apa yang menarik orang-orang sehingga bisa berhenti di garasi kami! Untungnya, insiden ini tidak memberikan efek yang berarti dan seluruh kru tim masih tetap fokus. Kami lebih dulu keluar pit dan sudah berusaha keras untuk tetap bertahan dengan strategi dua lap,” tandasnya.

Strategi dua lap yang dimainkan Red Bull memang tidak berjalan baik pada balapan kali ini. Vettel yang sempat memimpin balapan hingga beberapa lap sebelum balapan berakhir, harus merelakan posisinya direbut Lewis Hamilton dari McLaren yang memainkan strategi tiga kali masuk pit. Vettel mengaku cukup kesulitan mempertahankan performa mobil dengan kondisi ban yang sudah tidak terlalu ampuh (mulai terkikis), sehingga harus puas finis di tempat kedua.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini