Pesepakbola yang Berakhir di Sirkuit

Cal Crutchlow/Foto: AFP

Cal Crutchlow/Foto: AFP

Profil MotoGP-Cal Crutchlow-MEMASUKI tahun kelima di pentas MotoGP, Cal Crutchlow akan membalap di bawah bendera CWM LCR Honda Team. Ini merupakan kesempatan untuk memulai sebuah bab yang menarik, dalam karier profesional sebagai penunggang kuda besi. Padahal, ia sempat memutuskan berkiprah sebagai pesepakbola.

Lahir pada 29 Oktober 1985 di Conventry, Inggris, Crutchlow relatif terlambat mencicipi ajang balap motor dengan standar modern. Masa kecilnya lebih fokus terjun ke dunia sepakbola. Hingga akhirnya, cedera lutut yang menerpa pada usia 11 tahun mendorongnya mengikuti jejak sang ayah menjadi pembalap.

Debutnya sebagai pembalap muda pada 1996 terbilang cukup cepat dan mengesankan. Tiga tahun setelahnya, Crutchlow menjuarai Junior Challenge di Negeri Ratu Elizabeth yang sekaligus menjadi gelar pertamanya di dunia balap.

Kepiawaian dalam menunggang motor balap semakin terasah setelah memutuskan hijrah ke produsen tim balap dan mendapatkan gelar juara di Aprilia RS 125 Challenge pada 2001. Tak sampai di situ, dua tahun kemudian rider bertinggi 1,71 meter itu mampu menduduki posisi runner-up Yamaha R6 Cup.

Ayah Crutchlow, Derek, terus memotivasi sang anak agar mengembangkan bakatnya di panggung balapan motor. Crutchlow mencoba mengadu bakat di British Supersport Championship bersama tim Honda. Tiga tahun berselang, dirinya menjadi kampiun di kejuaraan nasional tersebut.

Prestasi tersebut membuat pembalap berzodiak scorpio itu naik ke kasta British Superbike di bawah bendera Rizla Suzuki pada 2007. Namun sayang, di musim perdana ia hanya mampu mengakhiri perlombaan di peringkat kesembilan.

Dua tahun berikutnya, Crutchlow meraih kesempatan berkiprah di panggung internasional sekaligus membukukan kesuksesan. Setelah menerima tawaran dari Yamaha untuk mengampanyekan dirinya di World Supersport Championship, ia mampu tampil konsisten dengan raihan manis di setiap serie. Jejak itulah yang membantunya mendapatkan gelar juara dunia di musim debutnya.

Momentum manis itu membuatnya mendapat jatah promosi ke World Superbike Championship pada 2010. Tahun pertamanya terbilang apik. Keberhasilan yang dicapai adalah tiga kali naik podium teratas dan tambahan delapan kali naik podium hingga mengemas posisi kelima dalam klasemen akhir.

Keberuntungan benar-benar tak lepas dari pembalap dengan berat badan 66 kilogram itu. Setelah mentas di Superbike, Crutchlow kembali dihargai untuk naik kasta ke panggung MotoGP 2011. Membalap di bawah bendera Yamaha Tech 3, ia tampil menjanjikan hingga diganjar gelar Rookie of the Year pada 2011 dan berlanjut hingga 2013.

Namun demikian, tepat di musim 2014 ia memilih untuk pergi dan menunggangi motor Ducati. Ternyata hanya satu tahun perjalanan "asmara" Crutchlow bersama tim asal Italia itu. Pada musim 2015 rider berusia 29 tahun itu akan membawa nama CWM LCR Honda.

Profil

Nama: Cal Crutchlow

TTL: Coventry, Inggris, 29 Oktober 1985

Tinggi Badan: 1,71 meter

Berat badan: 66 kilogram

Prestasi

2011 Posisi 12

2012 Posisi 7

2013 Posisi 5

2014 Posisi 13

(fap)