Share

MotoGP 2022 Ukir Sejumlah Catatan Menarik, Dari Performa Honda yang Menurun hingga Ducati Sabet Gelar Konstruktor

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Selasa 01 November 2022 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 01 38 2698411 motogp-2022-ukir-sejumlah-catatan-menarik-dari-performa-honda-yang-menurun-hingga-peluang-ducati-juara-VgJorT6tHa.jpg Catatan menarik MotoGP 2022 (Foto: MotoGP)

SERI MotoGP 2022 telah memasuki balapan terakhir yang akan berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada Minggu 6 November 2022 pukul 20.00 WIB mendatang. Sepanjang musim 2022 berjalan, MotoGP telah menorehkan catatan menarik dan anda bisa ketahui di sini.

Dilansir dari Speedweek, Selasa (1/11/2022), catatan menarik yang pertama adalah terdapat tujuh pemenang di MotoGP 2022. Alex Rins menjadi pembalap terakhir yang masuk dalam daftar itu di Phillip Island. Sebelumnya, Aleix Espargaro dan Jack Miller yang menang sekali, Miguel Oliveira dua kali, Fabio Quartararo tiga kali, Enea Bastianini empat kali dan Francesco Bagnaia tujuh kali.

Miguel Oliveira

Dari segi tim, ada lima pabrikan yang berhasil menang musim ini, yaitu Suzuki, KTM, Ducati, Yamaha dan Aprilia. Angka tersebut merupakan rekor baru di MotoGP karena sebelumnya tak pernah ada lima merek berbeda yang bisa memenangkan balapan dalam satu musim.

Dengan begitu, hanya Honda yang tak berhasil menang tahun ini, setidaknya sampai sebelum balapan terakhir di Valencia. Meski begitu, tim berlogo sayap emas itu mampu dua kali naik podium musim ini.

Pol Espargaro mendapat podium ketiga dalam balapan pembuka di Qatar sebelum akhirnya Marc Marquez melepas dahaga Repsol Honda dengan podium kedua di Phillip Island. Itu artinya, ada 16 balapan tanpa Honda di posisi tiga besar dan itu merupakan periode tanpa podium terlma sejak tim pabrikan asal Jepang itu kembali ke kelas utama balapan motor pada 1982 silam.

Bagi The Baby Alien –julukan Marc Marquez- posisi kedua yang diraihnya di Australia adalah podium ke-100-nya di ajang MotoGP. Hanya Valentino Rossi (199), Jorge Lorenzo (114) dan Dani Pedrosa (112) yang punya torehan lebih banyak dari juara MotoGP enam kali itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Kemudian, podium pertama Pecco –sapaan akrab Francesco Bagnaia- di Sepang adalah kemenangan ke-11-nya di MotoGP dan podium ke-20-nya di kelas utama. Selain itu, setidaknya satu pembalap Ducati berhasil naik podium dalam balapan di Malaysia selama 24 tahun berturut-turut.

Francesco Bagnaia

Berkat bantuan bintang Ducati Lenovo itu pula Ducati mencatatkan rekor. Dengan delapan pembalap yang ada musim ini, merek asal Italia itu telah meraup 29 dari maksimal 57 podium yang ada tahun ini alias lebih dari setengahnya.

Ducati pun telah memastikan diri meraih gelar juara konstruktor musim ini. Kini, tinggal Bagnaia yang selangkah lagi merengkuh gelar juara MotoGP 2022.

Pembalap kelahiran Turin itu unggul 23 poin dari Fabio Quartararo, yang membuntutinya di posisi kedua. Itu artinya, pada balapan di Valencia, dia hanya butuh finis di urutan ke-15 saja untuk mengamankan gelar juaranya walaupun jagoan Monster Energy Yamaha itu menang.

Jika berhasil juara, maka Pecco akan mempersembahkan gelar pertama bagi Ducati dalam 15 tahun terakhir. Kali terakhir mereka menjadi juara dunia MotoGP adalah pada musim 2007 yang dipersembahkan oleh Casey Stoner.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini