Share

MotoGP Thailand 2022 Berlangsung Usai Hujan, 3 Pembalap Kompak Keluhkan Kondisi Pandangan yang Buruk saat Balapan

Rio Eristiawan, Jurnalis · Senin 03 Oktober 2022 18:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 38 2679954 motogp-thailand-2022-berlangsung-usai-hujan-3-pembalap-kompak-keluhkan-kondisi-pandangan-yang-buruk-saat-balapan-t6ghhuPAeC.jpg MotoGP Thailand 2022 berlangsung usai hujan deras. (Foto: MotoGP)

BURIRAM – MotoGP Thailand 2022 sudah rampung digelar. Meski begitu, sejumlah pembalap memiliki keluhan terkait masalah pandangan selama balapan di MotoGP Thailand 2022 karena begitu buruk karena digelar usai hujan deras.

Setidaknya, ada 3 pembalap yang mengeluhkan hal tersebut. Mereka adalah Maverick Vinales, Alex Marquez, dan Franco Morbidelli.

MotoGP Thailand 2022

Balapan MotoGP Thailand 2022 sendiri diketahui berlangsung di Sirkuit Internasional Chang, Minggu 2 Oktober 2022 sore WIB. Namun, balapan tersebut sempat tertunda akibat hujan deras mengguyur Sirkuit Buriram.

Usai hujan berhenti, para pembalap pun bersaing untuk mendapatkan hasil bagus di balapan tersebut. Namun, beberapa pembalap mengeluhkan jarak pandang yang buruk, pada awal balapan.

BACA JUGA: Penyebab Marc Marquez Kalah Saing dengan Para Pembalap Ducati di MotoGP Thailand 2022

Vinales mengaku tidak bisa melihat ke depan maupun belakang selama awal balapan berlangsung. Ia menjelaskan di lintasan lurus dan tikungan ketiga, dia tidak bisa melihat keadaan sekitar.

BACA JUGA: Pepet Ketat Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia Girang Bukan Main Kini Cuma Terpaut 2 Poin di Klasemen MotoGP 2022

"Jika Anda keluar di depan, (pandangan buruk) tidak ada yang terjadi. Tetapi di belakang, saya tidak bisa melihat apa-apa. Faktanya, mungkin lap pertama dan kedua di trek lurus dan setelah tikungan 3 saya melintas selama setengah kilometer tanpa melihat apa-apa," kata Vinales, dilansir dari Motosan, Senin (3/10/2022).

"Saya tidak melihat apa-apa, kecepatan penuh, tidak ada. Ada banyak risiko di sana, jika ada pembalap yang memotong, saya akan terjatuh," ucapnya.

Senada dengan Vinales, Alex Marquez mengakui tidak bisa melihat dengan jelas karena penglihatan buruk. Hal ini dinilai sangat berbahaya karena jika ada insiden di depannya, dia yakin tidak akan melihatnya.

"Saya memulai balapan di posisi ke-20 dan pada enam lap pertama sebuah insiden dapat terjadi dengan mudah karena tidak ada yang terlihat. Jika sesuatu terjadi di depan, Anda tidak bisa melihat apa-apa," jelasnya.

MotoGP Thailand 2022

Sementara itu, Morbidelli mengakui 10 lap pertama menjadi balapan yang mengerikan dalam hidupnya karena tidak bisa melihat selama balapan berlangsung. Ia pun merasa beruntung karena tidak ada pembalap yang melakukan tindakan yang membahayakan keselamatan.

"Sepuluh lap pertama balapan mungkin merupakan pengalaman paling menakutkan dalam hidup saya. Visibilitasnya tidak ada, untungnya semua orang cukup bijaksana untuk tidak melakukan gerakan gila atau mencoba hal-hal gila di area dimana jarak pandang nol," ujarnya.

"Sepuluh lap pertama berjalan tanpa banyak hal yang terjadi itu benar-benar mengejutkan, tetapi juga melegakan. Setelah itu, balapan sebenarnya dimulai, saya dapat mengidentifikasi  beberapa kecepatan dari paket saya dan sebenarnya saya cukup cepat," jelasnya.

"Tetapi, ketika saya mencapai motor lain, saya tidak bisa menyalip atau melakukan lebih banyak lagi. Jadi, saya harus mundur dan membawa motor itu kembali ke garasi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini