Share

4 Rekor Pebulu Tangkis Indonesia yang Sulit Dipecahkan, Nomor 1 Milik Marcus Gideon/Kevin Sukamuljo

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 08 September 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 07 40 2663066 4-rekor-pebulu-tangkis-indonesia-yang-sulit-dipecahkan-nomor-1-milik-marcus-gideon-kevin-sukamuljo-MJwQ7gnKKT.jpg Berikut 4 rekor pebulu tangkis Indonesia yang sulit dipecahkan. (Foto: PBSI)

4 rekor pebulu tangkis Indonesia yang sulit dipecahkan oleh beberapa pemain bulu tangkis lainnya. Pemain bulu tangkis Indonesia dikenal dengan kemampuannya dalam bermain olahraga tepok bulu tersebut.

Beberapa pemain Indonesia mengukir rekor yang sulit dipecahkan oleh pemain asing. Lewat rekor itu pula, Tim Merah Putih menjadi negara yang cukup disegani di ajang turnamen bulu tangkis.

BACA JUGA: Pebulu Tangkis Jepang Beberkan Perbedaan Fans Bulu Tangkis Jepang dan Indonesia

Dari olahraga itu pula, banyak lahir sosok legenda bulu tangkis yang menorehkan banyak prestasi di level internasional dari masa ke masa.

BACA JUGA: 5 Ganda Putra Indonesia yang Lebih Dulu Terkenal Sebelum era Marcus Gideon/Kevin Sukamuljo, Nomor 1 Juara Dunia 3 Kali

Berikut 4 rekor pebulu tangkis Indonesia yang sulit dipecahkan dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

4. Taufik Hidayat

Taufik Hidayat

Mantan pebulu tangkis Taufik Hidayat mungkin adalah salah satu tunggal putra terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Semasa masih aktif bermain, ia mampu menorehkan berbagai rekor yang luar biasa.

Taufik Hidayat dikenal sebagai raja backhand smash. Hal itu tak terlepas dari rekor backhand smash tercepat yang pernah dilakukan Taufik Hidayat, yang mana kecepatan pukulannya mencapai 206 km/jam.

Dari Taufik pensiun hingga kini, belum ada pebulu tangkis yang mampu menyamai apalagi melewati rekor luar biasa tersebut. Backhand smash Taufik memang dikenal sangat cepat dan teknik itu menjadi salah satu andalannya ketika bermain.

Selain itu, Taufik Hidayat si jenius jago bulu tangkis Indonesia ini tercatat dalam buku rekor sebagai pemain nomor 1 dunia di usia 19 tahun atau pada 2000. Taufik Hidayat juga tercatat pemain yang nyaris komplet sebagai pemain yang merebut gelar juara bergengsi.

Taufik tercatat pernah menjadi juara dunia, peraih medali emas Olimpiade, Asian Games, SEA Games, juara Asia, dan mempersembahkan Piala Thomas

3. Alan Budikusuma dan Susy Susanti

Susy Susanti

Pengantin Emas Olimpiade, Alan Budikusuma dan Susy Susanti, mencatat sejarah sebagai pasangan emas Olimpiade setelah menjadi juara di Olimpiade Barcelona 1992. Alan Budikusuma merebut emas tunggal putra dan Susy Susanti menyabet emas tunggal putri.

Hingga saat ini, rekor Alan dan Susy sebagai pengantin emas Olimpiade sangat sulit dipecahkan pemain bulu tangkis dunia lainnya. Utamanya di sektor tunggal.

Susy Susanti meraih emas tunggal putri setelah menaklukkan Bang So-hyun dari Korea Selatan di final. Sedangkan Alan, Dia mengalahkan rekan senegaranya Ardy Bernardus Wiranata di partai final.

2. Rudi Hartono

Rudi Hartono

Legenda bulu tangkis Indonesia ini berhasil menjadi yang paling mengerikan di pentas All England pada era 60 dan 70-an. Rudy Hartono mampu menyabet gelar juara selama tujuh kali beruntun sejak 1968 hingga 1974.

Catatan gelarnya pun menjadi yang terbanyak dari penggawa bulu tangkis di dunia untuk sektor tunggal putra. Pria yang saat ini berusia 72 tahun itu berhasil mengemas delapan gelar juara All England.

1. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Penampilan pasangan berjuluk The Minions ini sudah tidak diragukan lagi. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamulhi telah dipasangkan pertama kali sejak 2015 di ajang All England.

Mereka pun langsung menyabet banyak gelar. Perlahan tapi pasti, The Minions menjadi pasangan paling lama yang menduduki posisi pertama ranking dunia ganda putra usai memetik juara di All England 2017. (RNR)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini