Share

5 Ganda Putra Indonesia yang Lebih Dulu Terkenal Sebelum era Marcus Gideon/Kevin Sukamuljo, Nomor 1 Juara Dunia 3 Kali

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 30 Agustus 2022 20:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 30 38 2657735 5-ganda-putra-indonesia-yang-lebih-dulu-terkenal-sebelum-era-marcus-gideon-kevin-sukamuljo-nomor-1-juara-dunia-3-kali-xJBUTpjeDW.jpg Berikut 5 ganda putra Indonesia yang lebih dulu terkenal sebelum era Marcus Gideon/Kevin Sukamuljo. (Foto: PBSI)

5 ganda putra Indonesia yang lebih dulu terkenal sebelum era Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menarik dikulik. Sebab, Marcus/Kevin kini memang menjadi ganda putra terbaik dunia karena terus menduduki posisi pertama di ranking BWF.

Ya, Marcus/Kevin menjadi pasangan yang menempati posisi peringkat 1 dunia paling lama. Menempati posisi tersebut sejak 16 Maret 2017, Marcus/Kevin hingga kini masih mengisi posisi tersebut. Jadi, mereka sudah menjadi nomor 1 dunia 202 minggu berturut-turut!

BACA JUGA: Sikat Wakil Malaysia di 32 Besar Japan Open 2022, Marcus Gideon/Kevin Sukamuljo Merasa Cuma Beruntung

Tapi, ada 5 pasangan ganda putra Indonesia yang lebih dulu terkenal sebelum era ganda putra Indonesia yang lebih dulu terkenal sebelum era Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Siapa saja? Berikut 5 ganda putra Indonesia yang lebih dulu terkenal sebelum era Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dirangkum dari berbagai sumber:

5. Rexy Mainaky/Ricky Subagja

Rexy Mainaky/Ricky Subagja

Ganda putra kebanggaan Indonesia, Rexy Mainaky/Ricky Subagja, mencatatkan raihan gemilang di ajang Olimpiade. Rexy/Ricky mampu mempersembahkan medali emas sektor ganda putra di Olimpiade Atlanta 1996.

Namun, pencapaian tersebut tidaklah mudah dan dapat dikatakan terjal bagi Rexy/Ricky. Mereka harus melewati babak demi babak sebelum mencapai satu tempat di partai final.

Selain itu, berbagai gelar juara juga mampu mereka raih, seperti juara All England 1995 dan 1996, juara dunia 1995, serta Indonesia Open 1993 dan 1994. Selain itu, Rexy/Ricky juga menjuarai Asian Games 1994 dan 1999.

4. Christian Hadinata/Ade Chandra

Christian Hadinata

Kedua pasangan ini ditakuti para pemain yang berlaga pada era 70-an. Begitu banyak gelar berhasil mereka kantongi, di antaranya adalah juara All England 1972 dan 1973 serta medali emas Asian Games 1978 dan 1982.

Christian/Ade juga masuk ke skuad Piala Thomas yang menjadi juara pada 1973 dan 1976. Lalu, titel terakhir yang mereka rengkuh adalah gelar juara dunia 1980.

Setelah itu, performa Ade mulai menurun dan pasangan tersebut berpisah pada awal 1980. Namun, Christian masih terus berprestasi dengan pasangan barunya, yakni Icuk Sugiarto.

3. Candra Wijaya/Tony Gunawan

Candra Wijaya/Tony Gunawan

Candra Wijaya/Tony Gunawan menjadi salah satu pasangan ganda putra terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Pasalnya, mereka berhasil meraih medali emas Olimpiade Sydney 2000.

Selain itu, beberapa gelar juara turnamen internasional juga mampu mereka koleksi. Mulai dari Juara Dunia 1997 hingga All England 2003. Namun, selepas menjadi juara di Sydney 2000, Tony memutuskan untuk menjadi Warga Negara Amerika Serikat. Meski begitu, mereka masih sering berpasangan dan tetap berprestasi.

2. Markis Kido/Hendra Setiawan

Markis Kido/Hendra Setiawan

Sebelum berapasangan dengan Mohamad Ahsan, Hendra Setiawan sangat identik dengan pasangan lamanya, yakni Markis Kido. Sebab, Hendra/Kido berhasil bikin geger publik China setelah menyumbang satu-satunya medali emas untuk Indonesia pada gelaran Olimpiade Beijing 2008.

Bahkan, sampai saat ini gelar tersebut merupakan emas terakhir yang didapat oleh sektor ganda putra. Belum ada lagi medali emas Olimpiade yang diraih wakil Tanah Air.

1. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Setelah berpisah dengan Markis Kido, Hendra Setiawan pun melanjutkan kariernya bersama Mohammad Ahsan. Berbagai gelar pernah diraihnya bersama Ahsan. Sebut saja Indonesia Open, Asian Games dan juga All England.

Seperti yang diketahui, Ahsan/Hendra sampai saat ini masih aktif bermain. Mereka bahkan mampu tampil kompetitif dengan para pesaingnya yang jauh lebih muda.

Berkat penampilan apik pasangan yang akrab disapa The Daddies itu, banyak pebulu tangkis dunia dan tentunya pencinta olahraga tersebut yang menyukai dan mengidolakan mereka. Sederet prestasi manis pun sukses diraih pasangan ini.

Bahkan, Ahsan/Hendra sudah meraih 3 gelar juara dunia. Gelar itu didapat The Daddies pada 2013, 2015, dan 2019. Baru pada 2022 ini, Ahsan/Hendra harus puas hanya menjadi runner-up.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini