Share

5 Pebulu Tangkis yang Bikin Skandal dan Bikin Geger Dunia Tepok Bulu, Nomor 1 Paling Menghebohkan!

Hakiki Tertiari , Jurnalis · Kamis 28 Juli 2022 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 28 40 2637763 5-pebulu-tangkis-yang-bikin-skandal-dan-bikin-geger-dunia-tepok-bulu-nomor-1-paling-menghebohkan-55OtIpj9QT.jpg Berikut 5 pebulu tangkis yang bikin skandal dan bikin geger dunia tepok bulu (Foto: BWF)

SEBANYAK 5 pebulu tangkis yang bikin skandal dan bikin geger dunia tepok bulu akan diulas dalam artikel ini. Jika bicara atlet tidak melulu soal prestasi gemilangnya. Akan tetapi, ada pula skandal yang kerap membuat geger dunia bulu tangkis.

Lantas, apa dan siapa saja pebulu tangkis yang sempat tersandung skandal? Berikut 5 pebulu tangkis yang bikin skandal dan bikin geger dunia tepok bulu:

5. Yu Yang

Yu Yang

Pebulu tangkis asal China ini pernah bikin geger dunia tepok bulu. Itu terjadi pada Olimpiade 2012. Ketika itu, Yu Yang terlibat match fixing dan dinilai BWF mencederai nilai sportivitas dalam dunia olahraga.

Diketahui waktu itu, Yu Yang bersama partnernya Wang Xiaoli berlaga di Grup A Olimpiade 2012. Mereka sengaja kalah dari wakil Korea Selatan, Jung Kyung Eun/Kim Ha Na di partai terakhir grup A.

Semua dilakukan demi tak bertemu rekan senegaranya di fase gugur. Dengan harapan bisa mewujudkan All Chinese Final. Dari situ BWF menghukum Yu Yang usai Olimpiade 2012. Meski sempat menyatakan pensiun, ia sempat kembali di China Open 2012. Namun, Yu Yang baru benar-benar pensiun pada 2016.

4. Zhang Nan dan Zhao Yunlei

Zhang Nan dan Zhao Yunlei

Kemudian, tak kalah heboh, ada pebulu tangkis ganda campuran China Zhang Nan dan Zhao Yunlei yang terlibat cinat lokasi. Ya, bukan soal menjalin asmara dengan rekan sendiri, melainkan Zhang Nang dan Zhao Yunlei cukup dikenal kontroversi karena akhirnya berpisah lantaran memilih pasangan yang juga pebulu tangkis profesional.

Hubungan Zhao Yunlei dan Zhang Nan tampak tenang usai menjalin kasih selama bertahun-tahun. Namun, itu kandas karena kasus perselingkuhan.

Zhang Nan diketahui berselingkuh dengan Tian Qing yang saat itu menjadi pasangan Zhao Yunlei di ganda putri. Uniknya, dua tahun berselang, Zhao Yunlei justru mengumumkan kabar pernikahan dengan atlet ganda putra China, Hong Wei. Tak lama, Zhang Nan dan Tian Qing pun menyusul untuk meresmikan hubungan sebagai suami istri.

3. Kento Momota

Kento Momota

Di urutan ketiga ada Kento Momota, salah satu tunggal putra andalan Jepang. Ya, Kento Momota ternyata bukan hanya dikenal bergelimang prestasi. Namun, Kento Momota juga punya sisi kontroversi.

Pebulu tangkis 27 tahun ini pernah kepergok sedang bermain judi illegal di Tokyo pada 2016. Selain itu, Kento Momota juga pernah kedapatan sedang karaoke dengan wanita penghibur. Itu terjadi setahun setelah ia kepergok bermain judi.

2. Lin Dan

Lin Dan

Selanjutnya, ada pebulu tangkis asal China, Lin Dan. Ya, siapa yang tak mengenal pebulu tangkis kidal satu ini. Bersama Lee Chong Wei dan Taufik Hidayat, ia masuk dalam jajaran pebulu tangkis legenda dunia.

Namun, kasus perselingkuhan pada 2016 membuat namanya tercoreng dari dunia bulu tangkis. Ya, Li Dan kedapatan berselingkuh dengan model bernama Zhao Yaqi. Parahnya ia kepergok selingkuh ketika sang istri tengah mengandung.

Lin Dan pun menyesali perbuatannya. Ia lantas meminta maaf kepada publik dan istrinya, Xie Xingfang.

1. Lee Chong Wei

Lee Chong Wei

Di urutan pertama ada Lee Chong Wei, legenda bulu tangkis asal Malaysia, yang sempat tersandung kasus doping. Ketika itu ia ketahuan menggunakan doping saat ikut turnamen bulu tangkis di Denmark pada 2014.

Setelah terbuti dinyatakan positif menggunakan zat dexamethasone, Lee Ching Wei pun dilarang bermain oleh BWF. Akibatnya, ia tak boleh bertanding delapan bulan hingga medali perak miliknya dicabut oleh BWF.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini