Share

Sempat Terseret Skandal Match Fixing saat Lawan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Begini Kabar Terbaru Juara Dunia Asal China Ini

Hakiki Tertiari , Jurnalis · Rabu 27 Juli 2022 08:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 40 2636941 sempat-terseret-skandal-match-fixing-saat-lawan-bagas-maulana-muhammad-shohibul-fikri-begini-kabar-terbaru-juara-dunia-asal-china-ini-ktGLjGeyBJ.jpg Di Zijian, pebulu tangkis China yang diduga terlibat match fixing di Denmark Open 2021 (Foto: Instagram/@dizijian_2.27)

SEMPAT terseret skandal match fixing saat lawan Bagas Maulana/Muhamamd Shohibul Fikri, begini nasib juara dunia asa China, Di Zijian. Seperti diketahui, pada Denmark Open 2021, yang berlangsung Oktober 2021 silam, jagad industri bulu tangkis dikejutkan adanya match fixing, yang melibatkan pebulu tangkis asal China, Di Zijian.

Di Zijian sendrii merupakan pebulu tangksi muda China, yang masih berusia 23 tahun. Ia bermain di nomor ganda putra bersama Wang Chang.

Di Zijian

Ia termasuk salah satu pebulu tangkis sukses dari China. Bahkan, bersama Wang Chang mereka digadang-gadang akan menjadi ganda putra masa depan China.

Akan tetapi, Juara Dunia Kejuaraan Bulu Tangkis Junior 2018 itu, membuat geger dunia bulu tangkis. Ia diduga mengatur pertandingan selama Denmark Open 2021. Mantan pacarnya membocorkan beberapa tangkapan layar obrolan mereka pada tahun 2021.

Dalam tangkapan layar mantan kekasihnya, terungkap bahwa Di Zijian memutuskan untuk kehilangan set pertama dengan sengaja saat melawan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Sang mantan pacar menyebut bahwa Di Zijian bisa mendapatkan hingga seratus ribu renminbi atau setara Rp225 juta untuk melakukan itu.

“Aku siap kehilangan satu set di pertandingan pertama, aku bisa mendapatkan hingga 100 ribu renminbi. Aku akan mulai bermain serius setelah itu. Jika aku menang, aku menang, tetapi jika aku kalah, saya kalah,” ucap Di Zijian dalam isi percakapan tersebut Oktober 2021 silam.

Ternyata, meski sudah berlalu sembilan bulan, kabar itu masih membekas kepada Di Zijian. Bahkan, media China, Sohu, sempat memuat kembali artikel tersebut.

Dalam laporannya, kabar tersebut berlangsung bergulir panas. Sebab, belum ada penjelasan dari pihak-pihak terkait sampai beberapa waktu setelah unggahan menjadi viral di China.

Sejak rumor itu beredar, Di Zijian memang hiatus dari arena bulu tangkis. Bahkan pasangannnya di ganda putra, Wang Chang, sudah dipasangkan dengan Liang Wei Keng.

Duet Liang Wei Keng/Wang Chang bahkan sukses digadang jadi monster bulutangkis ganda masa depan China. Lantas, bagaimana kabar terbaru dari Di Zijian?

Di Zijian

Dilansir Sohu, menyebut bahwa Federasi Bulutangkis China (CBA) memberikan Di Zijian gelar atlet internasional dalam waktu dekat terakhir. Bahkan, ia dinilai memiliki kerja keras sebagai atlet ganda putra.

Rival Bagas Maulana/Shohibul Fikri itu menjadi salah satu atlet yang dianggap berkontribusi positif. Dengan adanya kabar penghargaan tersebut, membuat sejumlah pihak mencurigai match fixing, yang diungkap mantan kekasih Di Zijian.

Media China bahkan mempertanyakan hal itu. Dalam satu laporan beritanya mereka membuat headline bombastis.

"Apakah benar rumor match fixing yang diungkap sang kekasih saat itu?” tulis Sohu.

Terlepas dari rumor judi yang menghampiri Di Zijian, jika Di Zijian dianugerahi gelar atlet internasional, setidaknya bisa menjamin masa depannya secara finansial. Sebab, diketahui bahwa atlet China, siapa pun yang memperoleh gelar atlet internasional, dia akan mendapatkan subsidi beberapa ribu yuan per bulan, bahkan setelah dirinya pensiun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini