Share

5 Alasan Balapan Formula E Jakarta 2022 Bakal Berlangsung Lebih Seru ketimbang Seri Lain, Nomor 1 Ukir Sejarah

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 03 Juni 2022 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 03 37 2605270 5-alasan-balapan-formula-e-jakarta-2022-bakal-berlangsung-lebih-seru-ketimbang-seri-lain-nomor-1-ukir-sejarah-pR5dXDAtfG.jpg Sirkuit Formula E Jakarta 2022. (Foto: Twitter/@fiaformulae)

5 alasan balapan Formula E Jakarta 2022 bakal berlangsung lebih seru ketimbang seri lain menarik dikulik. Sebab, balapan sendiri akan segera bergulir.

Ya, Formula E Jakarta 2022 akan digelar besok, Sabtu 4 Juni 2022, di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol. Ini menjadi balapan seri kesembilan yang digelar di Formula E 2022.

BACA JUGA: Link Live Streaming Formula E Jakarta 2022 Dapat Disaksikan di Sini!

Jelang balapan tersebut, menarik serba-serbi soal Formula E Jakarta 2022. Kali ini, mari mengulas bersama soal alasan balapan Formula E Jakarta 2022 bakal berlangsung lebih seru ketimbang seri lain.

BACA JUGA: Formula E Jakarta 2022: Anies Baswedan Pantau Langsung Sesi Shakedown

5. Berpeluang Berlangsung dalam Kondisi Basah

Formula E Jakarta 2022

Salah satu alasan Formula E Jakarta 2022 bakal berlangsung lebih seru ketimbang seri lain adalah peluang balapan berlangsung dalam kondisi basah. Hal ini bisa terjadi karena wilayah Jakarta kerap diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sendiri memastikan bahwa gelaran Formula E Jakarta 2022 tak menggunakan pawang hujan untuk mengendalikan cuaca. Untuk memantau cuaca, pihak penyelenggara akan berpatokan dengan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Jika balapan berlangsung dalam kondisi basah, hal ini bisa membuat balapan berlangsung seru dan menarik. Sebab, persaingan berpeluang berjalan sengit.

4. Lokasi Baru

Formula E Jakarta 2022

Alasan lainnya adalah lokasi baru. Ya, Jakarta baru pertama kalinya masuk kalender balap Formula E. Jakarta pun menjadi satu-satunya kota di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang balap mobil listrik bergengsi, Formula E.

Tak ayal, para pembalap antusias melakoni balapan ini karena belum pernah dicicipi sebelumnya. Hal ini bisa membuat peta persaingan sulit ditebak karena pembalap yang berjaya hanya ditentukan oleh siapa yang bisa beradaptasi dengan cepat.

3. Para Pembalap Mendapat Tantangan Baru

Formula E Jakarta 2022

Dengan digelar di sirkuit baru, tantangan baru pun akan hadir untuk para pembalap Formula E. Mereka harus menaklukkan sirkuit dengan spesifikasi baru itu.

Jakarta International E-Prix Circuit diketahui memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer dengan lebar 12 meter. Ada trek lurus sepanjang 600 meter serta 18 tikungan. Setiap tikungan pun memiliki lebar berbeda, dari 12 meter hingga 18 meter.

Tantangan pun hadir dalam menaklukkan sirkuit ini, yakni soal cuaca. Para pembalap sendiri mengaku mewaspadai cuaca di Jakarta yang bisa sangat terik. Jika panas, ini akan sangat berpengaruh pada penggunaan ban dan baterai mobil yang akan digunakan para pembalap.

2. Perebutan Gelar Juara akan Semakin Memanas

Formula E Jakarta 2022

Alasan kedua berkaitan dengan persaingan perebutan gelar juara. Sebab, sejumlah nama pembalap sedang bersaing sengit meraih gelar juara karena jarak poin yang terpaut tipis.

Di puncak klasemen sementara, ada Stoffel Vandoorne (Mercedes-EQ) yang sudah mengoleksi 111 poin. Namun, dia tak bisa bernapas lega memimpin klasemen karena ada Edoardo Mortara yang mengekor di posisi kedua dengan koleksi 99 poin.

1. Ukir Sejarah

Formula E Jakarta 2022

Faktor terakhir adalah sejarah yang akan terukir dalam penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022. Pada besok hari, publik dunia akan melihat sosok pembalap pertama yang berhasil menjadi juara di Formula E Jakarta.

Dengan fakta ini, para pembalap akan berlomba-lomba untuk bisa mengukir sejarah baru dalam kariernya. Aksi mereka pun akan disaksikan banyak pasang mata yang akan memenuhi Jakarta International E-Prix Circuit. Sebab, balapan akan disaksikan puluhan ribu penonton.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini