Share

3 Pemain Naturalisasi yang Bantu Timnas Basket Indonesia Rebut Emas SEA Games Pertama Kali, Nomor 1 Bermain di Tim Kuat NBA

Hakiki Tertiari , Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 36 2598600 3-pemain-naturalisasi-yang-bantu-timnas-basket-indonesia-rebut-emas-sea-games-pertama-kali-nomor-1-tergabung-bersama-tim-kuat-nba-TfsjqQPoV7.JPG 3 pemain naturalisasi yang bantu Timnas Basket Indonesia rebut emas SEA Games 2021 (Foto: Reuters)

ADA 3 pemain naturalisasi yang bantu Timnas Basket Indonesia rebut SEA Games pertama kali, akan dibahas pada artikel ini. Seperti diketahui, Timnas Bakset Putra Indonesia belum lama ini memastikan medali emas SEA Games 2021.

Hal itu dipastikan usai Timnas Basket Putra Indonesia membekuk Filipina di partai Final SEA Games 2021. Arki Dikania Wisnu dkk berhasil menaklukan Filipina dengan skor 85-81.

Keberhasilan tersebut menjadi sejarah bagi Timnas Basket Indonesia. Pasalnya, emas yang diraih Timnas Basket Indonesia merupakan emas pertama sepanjang penyelenggaraan SEA Games sejak tahun 1977. Itu sekaligus memutus dominasi Filipina sejak 1991-2019.

Di balik kemenangan itu, ada tiga pemain naturalisasi yang turut membantu Timnas Basket Indonesia meraih juara. Lantas, siapa pemain yang dimaksud? 

Berikut ini 3 pemain naturalisasi yang bantu Timnas Basket Indonesia rebut emas SEA Games 2021:

3. Dame Diagne

Dame Diagne

Dari tiga pemain naturalisasi yang ada di skuad Timnas Basket Putra Indonesia, Dame Diagne jadi pemain termuda. Ya, pemain keturunan Senegal itu baru berusia 16 tahun, namun sudah dipercaya mengisi skuad Timnas Basket Indonesia senior di SEA Games 2021.

Kemampuan individu dan postur yang menjulang hingga 197cm, membuat Milos Pejic tertarik memanggilnya ke dalam skuad Garuda. Sebelumnya, Dame Diagne pun pernah membela Indonesia Patriots berlaga di IBL 2022. Ia sukses menorehkan statitstik 10,77 poin per gim dan 11,05 assist per gim.

2. Brandon Jawato

Brandon Jawato

Kemudian, ada Brandon Jawato, salah satu pemain naturalisasi yang kerap mencuri perhatian, setiap membela Timnas Bakset Indonesia. Ya, bagaimana tidak, pemain berdarah Bali ini, merupakan salah satu forward terbaik di dalam skuad Garuda.

Kecerdikan membaca situasi permainan ditambah akurasi tembakan tiga angka, jadi senjata utama yang ia miliki. Selain itu, pemain yang kini bermain utnuk klub basket Jepang, Utsunomiya Brex itu pun menjadi salah satu aktor kemenangan tim dengan mencetak 11 poin di laga kontra Filipina..

1. Marques Bolden

Marques Bolden

Di urutan pertama, Marques Bolden. Pemain 24 tahun itu jadi mimpi buruk bagi Filipina di Final SEA Games 2021. Dua tembakan free throw-nya di pengujung laga membuat Indonesia mengunci medali emas SEA Games 2021.

Di laga itu, Marques Bolden pun mencetak double-double, dengan 18 poin dan 10 rebound. Kiprah Marques Bolden sendiri tak perlu diragukan lagi. Sebelum hijrah ke Salt Lake City Stars dan bermain di NBA G League, ia pernah membela Cleveland Cavaliers ketika berlaga di NBA 2019-2020.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini