Share

Potensi Medali Emas Kontingen Angkat Besi Indonesia di SEA Games 2021

Cikal Bintang, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 05:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 43 2595775 potensi-medali-emas-dari-kontingen-angkat-besi-indonesia-di-sea-games-2021-LqjYIaDNoV.jpg Potensi medali emas dari kontingen angkat besi Indonesia di SEA Games 2021 (Foto: Instagram/@ekopower61)

CABANG olahraga (cabor) angkat besi bisa menjadi salah satu lumbung medali bagi kontingen Indonesia di SEA Games 2021. Bermodalkan para atlet berpengalaman, lalu bagaimana kekuatan atlet angkat besi Indonesia di SEA Games 2021?

Kontingen angkat besi Indonesia sendiri akan mengirimkan 13 atlet untuk bertarung di nomor putra dan putri. Secara rinci, kontingen Indonesia akan mengirimkan enam wakil di nomor putra, dan tujuh wakil pada nomor putri.

Rizki Juniansyah

(Rizki Juniansyah, salah satu atlet angkat besi Indonesia di SEA Games 2021)

Dari 13 wakil ini, kontingen Indonesia diprediksi akan menggondol minimal enam hingga tujuh medali emas. Pasalnya, atlet yang bertanding di beberapa nomor merupakan wakil andalan Indonesia di berbagai kompetisi, dan sudah terbukti keberhasilannya.

Kendati demikian, Wakil Ketua Umum Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), Djoko Pramono tidak mau sesumbar. Berkaca dari SEA Games 2019, Djoko hanya berharap kontingen Indonesia mampu memberikan yang terbaik pada SEA Games edisi kali ini.

"Waktu di Filipina, 10 atlet berangkat dan semuanya bawa medali. Apakah lebih baik atau lebih jelek dari dua tahun yang lalu? Tidak ada yang tahu, kita lihat saja. Tapi 13 lifter ini yang terbaik dari Indonesia," kata Djoko.

Terlebih, lawan-lawan kontingen angkat besi Indonesia dalam SEA Games edisi kali ini tentu sudah berkembang. Untuk itu, Sportstars akan mengulas bagaimana kekuatan atlet angkat besi Indonesia di SEA Games 2021.

Nomor Putra

Pada nomor putra, ada enam atlet yang sudah berpengalaman. Enam atlet itu ialah Satrio Adi Nugroho, Eko Yuli Irawan, Mohammad Yasin, Rizki Juniansyah, Muhammad Zul Ilmi, dan Rahmat Erwin Abdullah.

Menariknya, keenam nama tersebut sama-sama pernah meraih medali emas di kompetisi yang berbeda. Dimulai dari Satrio yang baru saja meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Remaja 2021.

Tampil di Arab Saudi, Satrio mampu meraih medali emas sekaligus memecahkan rekor setelah mengangkat beban seberat 111 kilogram (kg) di kelas 55 kilogram. Pengalaman Satrio bisa menjadi modal bagus bagi dirinya di SEA Games 2021.

Kemudian, ada Eko Yuli Irawan yang namanya tentu tidak diragukan lagi bisa bersaing di kelas 61 kg. Tercatat, atlet berusia 32 tahun itu sudah mengantungi lima medali emas, dan satu medali perak dari enam kali keikutsertaannya di SEA Games.

Tak hanya itu, Eko juga merupakan salah satu atlet yang berpengalaman di Kejuaraan Dunia dan Olimpiade. Sebagai catatan, Eko mengoleksi satu medali emas, dua perak, dan dua perunggu di ajang Kejuaraan Dunia Angkat Besi. Sedangkan, di Olimpiade, Eko memiliki dua perak, dan dua perunggu.

Eko Yuli

Tentu saja, segudang pengalaman Eko bisa menjadi modal bagus dirinya menunjukkan taji di SEA Games 2021. Berlanjut kepada Mohammad Yasin dan Rizki Juniansyah. Meski turun di kelas yang berbeda, duo atlet muda angkat besi Indonesia itu sudah sarat akan pengalaman di kelas Junior.

Bagaimana tidak, tercatat Yasin baru saja membukukan satu medali emas, dan dua medali perak di Kejuaraan Angkat Besi Junior Asia 2020. Sementara, Rizki yang baru berusia 18 tahun sudah mengoleksi dua medali emas (73kg) dari Kejuaraan Dunia Angkat Besi (2021 dan 2022).

Selanjutnya ada lifter asal Aceh, Muhammad Zul Ilmi yang namanya mengudara pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021. Turun di kelas 96 kg, Zul berhasil menyabet medali emas untuk kontingen Aceh.

Menyusul torehan manis tersebut, Zul kini dipercaya sebagai utusan Indonesia di SEA Games 2021. Lifter asal Aceh itu akan bersaing dengan atlet kontingen negara lainnya untuk bertarung di kelas 89 kg.

Terakhir, ada nama Rachmat Erwin Abdullah yang akan berkompetisi di kelas 73 kg pada SEA Games 2021. Rachmat tentu sudah tidak diragukan lagi sebagai salah satu atlet berpengalaman di ajang angkat besi.

Tentu saja, segudang pengalaman dan prestasi para atlet kontingen angkat besi nomor putra Indonesia berpotensi mendulang banyak emas. Apalagi, kontingen angkat besi Indonesia selalu berhasil menggondol emas dari turnamen tersebut.

Nomor Putri

Kekuatan kontingen angkat besi Indonesia di nomor putri tidak jauh berbeda dengan nomor putra. Pasalnya, tujuh atlet yang diturunkan kali ini juga memiliki segudang pengalaman dan prestasi untuk Merah Putih.

Terdapat tujuh atlet angkat besi putri Indonesia yang akan bertanding di SEA Games 2021. Tujuh nama tersebut adalah Najla Khoirunnisa, Siti Nafisatul Hariroh, Windy Cantika Aisah, Natasya Beteyob, Sarah, Tsabitha Alfiah, dan Nurul Akmal.

Windi Cantika

(Windi Cantika Aisah, kontingen angkat besi putri di SEA Games 2021)

Di kelas 45 kg, kontingen angkat besi Indonesia akan mengirimkan dua atlet putri. Dua atlet itu adalah Najla Khoirunnisa, dan Siti Nafisatul Hariroh. Keduanya merupakan atlet muda yang cukup berpengalaman dalam meraih medali.

Sebagai catatan, Najla tercatat pernah membukukan tiga medali perunggu sekaligus di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Remaja 2021. Sedangkan, Siti merupakan pemegang medali perak PON Papua 2021. Menariknya, saat itu Siti berhasil mengalahkan pemegang medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, Windy Cantika Aisah.

Lebih lanjut, ada Windy Cantika Aisah yang akan turun di kelas 49 kg pada SEA Games 2021. Atlet berusia 19 tahun ini tentu akan menjadi andalan kontingen angkat besi Indonesia untuk meraih medali emas.

Windi Cantika

Pasalnya, Windy tercatat pernah membukukan medali emas di SEA Games 2019, dua medali emas dan satu medali perak di Kejuaraan Dunia Junior. Namanya semakin dikenal setelah dirinya menggondol medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020.

Berlanjut ke kelas 55 kg, kontngen angkat besi Indonesia akan diwakilkan oleh Natasya Beteyob. Seperti Siti, Natasya merupakan nama atlet baru yang dilirik oleh PABSI berkat penampilan berkilaunya di PON Papua 2021.

Bagaimana tidak, ia berhasil mempersembahkan medali perak untuk kontingen Papua di PON Papua 2021. Melihat potensinya, PABSI tentu mempunyai pertimbangan tersendiri untuk memilih Natasya sebagai salah satu wakil Indonesia di cabor angkat besi SEA Games 2021.

Kemudian ada Sarah yang akan bertarung di kelas 59 kg pada SEA Games 2021. Lalu, ada nama Tsabitha Alfiah yang akan turun di kelas 64 kg. Tsabitha sendiri merupakan salah satu atlet yang bersinar setelah mendulang medali emas untuk kontingen Jawa Barat di PON Papua 2021.

Terakhir, ada Nurul Akmal yang akan bertanding di kelas 87+ kg. Nurul juga atlet yang berpotensi membawa pulang medali emas untuk Indonesia mengingat prestasinya di berbagai ajang angkat besi, salah satunya medali emas di Asian Games 2018.

Berangkat dari berbagai catatan ciamik tersebut, tentu saja kontingen angkat besi Indonesia bisa meraih yang terbaik di SEA Games 2021. Apalagi, kali ini Indonesia mengirim atlet lebih banyak dibanding SEA Games edisi sebelumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini