Share

Sejarah Singkat SEA Games yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Sabtu 14 Mei 2022 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 14 43 2594227 sejarah-singkat-sea-games-yang-tidak-diketahui-banyak-orang-wERG3OYfrk.jpg Sejarah singkat SEA Games yang tidak diketahui banyak orang (Foto: SEA Games 2021)

SEJARAH singkat SEA Games yang tidak diketahui banyak orang akan diulas pada artikel ini. Ya, pesta olahraga bergengsi se-Asia Tenggara ini sering disebut dengan nama SEA Games.

Namun, apakah Anda tahu jika SEA Games memiliki sejarah panjang hingga akhirnya terus dilaksanakan dua tahun sekali. Lantas, bagaimana sejarah singkat SEA Games?

SEA GAMES 2021

Berikut ini rangkuman sejarah singkat SEA Games dan awal mulanya:

Sejarah Singkat SEA Games

SEA Games merupakan akronim dari Southeast Asian Games yang juga diartikan sebagai Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara. Di tahun ini terdapat 40 cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games 2021.

Pada awal mulanya pesta olahraga bergengsi se-Asia Tenggara ini dinamai dengan SEAP Games. SEAP Games sendiri singkatan dari Southeast Asian Peninsular Games. Pada tanggal 22 Mei 1958, delegasi dari negara-negara Southeast Asian Peninsular menghadiri Asian Games di Tokyo, Jepang.

SEA GAMES 2021

Keduanya mengadakan pertemuan dan menyetujui penetapan organisasi keolahragaan. Setelah diputuskan, konsep SEAP Games langsung dibuat oleh Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand bernama Laung Sukhumnaipradit.

Di awal penyelenggaraan SEA Games, perhelatan ini tak lepas dari beberapa negara penggagas. Adapun negara itu adalah Thailand, Myanmar, Malaysia, Laos, Vietnam dan Kamboja. Latar belakang dibentuknya SEAP Games atau SEA Games adalah untuk mengeratkan kerjasama, pemahaman dan hubungan antar negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

SEAP Games pertama kali diselenggarakan di Bangkok pada 12-17 Desember tahun 1959. Kala itu diikuti lebih dari 527 atlet dan panitia dari Thailand, Myanmar, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Laos yang berlaga di 12 cabang olahraga.

Singkat kata, barulah pada 1975, SEAP Games berubah nama menjadi SEA Games. Bersamaan dengan mulai masuknya sejumlah negara Asia Tenggara yang turut berkompetisi di pesta olahraga Asia Tenggara ini.

Lantas di mana Indonesia? Ya, Indonesia sendiri tidak masuk negara penggagas SEA Games. Federasi SEAP baru mempertimbangkan masuknya Indonesia dan Filipina pada 1977.

SEA Games 2021

(Sepakbola SEA Games 2021)

Kedua negara ini masuk secara resmi ikut serta di SEA Games 1977. Kemudian, di tahun yang sama Federasi SEAP berganti nama menjadi Southeast Asian Games Federation (SEAGF).

Setelah itu, Brunei Darussalam baru mulai bergabung ikut di SEA Games 1979. Ketika itu Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya.

Anggota paling baru yang ikut SEA Games adalah Timor Leste. Negara pecahan dari Indonesia itu turut serta pada SEA Games ke-22 di Vietnam pada 2003.

SEA Games 2021

Dari pertama kali hingga saat ini, SEA Games sendiri telah berlangsung sebanyak 31 kali. Era SEAP Games dimulai pada 1959 di Bangkok dan berakhir di Singapura pada 1973.

Kemudian, pada 1975 SEAP Games berubah nama jadi SEA Games. Kota Bangkok jadi tempat penyelenggaraan pertama format baru SEAP Games menjadi SEA Games. Dari situ SEA Games pun tercetus diselenggarakan dua tahun sekali.

Hanya saja pada 2021 silam, SEA Games sempat mengalami penundaan, lantaran kondisi pandemi Covid-19. Sebab demikian, penyelenggaraan SEA Games tetap mengacu pada tahun 2021, meski Vietnam baru bisa menjadi tuan rumah pada tahun 2022. Tahun ini SEA Games berlangsung mulai 12-23 Mei 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini