Share

Selain 3 Medali Emas dari Tim Putra, PBSI Berharap Tim Putri Bisa Sumbang Emas di SEA Games 2021

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Selasa 19 April 2022 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 40 2581768 selain-3-medali-emas-dari-tim-putra-pbsi-berharap-tim-putri-bisa-sumbang-emas-di-sea-games-2021-BYm4UtmIQQ.jpg Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky. (Foto: PBSI)

JAKARTA โ€“ Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky, tampaknya cukup yakin tim putra Indonesia bisa membawa pulang tiga medali emas di SEA Games 2021. Lantas bagaimana dari sektor tim putri? Rionny juga yakin bahwa Putri Kusuma Wardani dan kawan-kawan mampu meraih setidaknya satu medali emas.

Rionny mengatakan bahwa Tim Merah-Putih diharapkan bisa menyabet tiga medali emas dari cabang olahraga bulutangkis di SEA Games 2021. Dia ingin ketiga medali tersebut masing-masing dipersembahkan oleh nomor beregu putra, dan dua lainnya diraih lewat nomor perseorangan tunggal dan ganda putra.

Akan tetapi, di sisi lain Rionny juga tak meremehkan kemampuan para pemain putri Tanah Air. Menurutnya, Indonesia juga bisa membawa pulang emas dari nomor beregu putri, yang menurutnya merupakan tim terkuat di pesta olahraga antar negara-negara Asia Tenggara itu.

Rionny Mainaky

โ€œKan beregu putra, tunggal putra dan ganda putra (yang diharapkan bisa sumbang emas). Iya putra semua. Target memang begitu, tetapi kami enggak mengecilkan sektor lain, kalau bisa dapat emas lebih kenapa enggak?โ€ kata Rionny kepada awak media saat ditemui di Pelatnas Cipayung, Jakarta, pada Selasa (19/4/2022).

โ€œSelain itu, seperti yang saya bilang kita tim putri yang terkuat di Sea Games. Jadi sebisa mungkin kita emas juga, saya harapkan di situ,โ€ imbuhnya.

Ya, Indonesia memang membawa para pemain putri terbaiknya ke SEA Games 2021. Dari 10 penggawa yang dipanggil, terdapat nama-nama berpengalaman seperti Apriyani Rahayu, Gregoria Mariska Tunjung, Ribka Sugiarto dan Siti Fadia Silva Ramadhanti. Selain itu, juga ada tunggal putri yang sedang naik daun, yakni Putri Kusuma Wardani.

Melihat komposisi pemain tersebut, bukan tidak mungkin Indonesia bisa menyabet emas di SEA Games 2021. Namun kemungkinan, para Srikandi Tanah Air bakal mendapat perlawanan sengit dari Malaysia dan Thailand, yang juga punya kedalaman skuad yang mumpuni.

Sementara di skuad putra, Tim Merah-Putih sebenarnya membawa pemain lapis kedua karena para penggawa utama mentas di Piala Thomas 2022 yang berlangsung hampir bersamaan dengan SEA Games 2021.

Putri KW latihan bersama Gregoria Mariska. (Foto: Andika Khoirul/MPI)

Namun, terdapat dua pasangan ganda putra yang sudah mampu berbicara banyak di beberapa turnamen dunia yakni Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Lalu di sektor tunggal putra, ada empat nama yang dibawa yakni Chico Aura Dwi Wardoyo, Christian Adinata, Bobby Setiabudi dan Yonathan Ramlie. Dua nama yang disebut lebih dulu diharapkan bisa tampil apik karena menurut Rionny penampilan mereka sedang meningkat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini