Share

Penyebab Bandung BJB Tandamata Juara Proliga 2022

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Minggu 27 Maret 2022 00:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 43 2568420 penyebab-bandung-bank-bjb-tandamata-juara-proliga-2022-MuatwzJCQH.jpg BJB Tandamata berhasil jadi juara Proliga 2022 (Foto: Instagram/@bandungbjbtandamataofficial)

PENYEBAB Bandung Bank BJB Tandamata juara Proliga 2022 akan dibahas pada artikel ini. Sebagaimana diketahui, tim putri BJB Tandamata berhasil memastikan gelar juara Proliga 2022 usai mengandaskan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia di final.

Nandita Ayu Salsabila dkk menyudahi pertandingan dengan agregat 3-1 atas lawannya pada Sabtu 26 Maret 2022 malam WIB. Pelatih BJB Tandamata, Alim Suseno menyebutkan keberhasilan timnya jadi juara ini berkat akurasi para pemainnya yang bagus untuk bisa tampil mendominasi pertandingan.

BJB Tandamata

Berlaga di GOR Kawah Candradimuka, Sentul, Bogor, BJB Tandamata memang mampu mendominasi pertandingan pada dua set pertama. Serangan yang mereka lancarkan sangat akurat dan jarang bisa diblok oleh lawan hingga membuat mereka unggul 2-0 dengan skor 25-17 dan 25-19.

Akan tetapi, permainan Nandita Ayu Salsabilla dan kolega sempat menurun di set ketiga sehingga Gresik Petrokimia bisa memangkas jarak menjadi 1-2 usai menang dengan skor 25-22. Namun, aksi gemilang Nicoleta Perovic dan Madeline Jazmin Guilen, membuat BJB Tandamata kembali menang pada set keempat.

Mereka unggul skor 25-18, yang memastikan diri pulang dengan gelar juara Proliga 2022. Pada laga ini, tim asal Kota Kembang itu mendulang banyak poin lewat servis-servis mematikan. Ternyata, cara tersebut memang menjadi strategi dari Alim Suseno untuk menembus pertahanan lawan.

"Kami menerapkan strategi menyerang dari servis, kami melihat tim lawan banyak tidak siap. Terbukti cukup berhasil di laga ini," kata Alim dikutip dari rilis PBVSI pada Sabtu 26 Maret 2022.

Di sisi lain, Pelatih Gresik Petrokimia, Ayub Hidayat, mengakui bahwa timnya memang sangat buruk ketika menerima servis dari lawan. Menurutnya, anak buahnya terlihat kurang fokus, hingga BJB Tandamata bisa mendulang banyak poin.

BJB Tandamata

"Pasing bola pertama kami kurang baik, para pemain seperti kehilangan fokus dan lawan bisa mencari peluang melalui hal itu," jelas Ayub.

Kendati keluar sebagai juara, Alim tak merasa lebih tinggi dari Ayub, yang merupakan mantan pelatihnya, ketika masih bergabung dalam tim junior Jawa Timur pada Kejuaraan Nasional 1997 dan 1998. Ia hanya berambisi untuk membuktikan bahwa timnya bisa menjadi juara Proliga musim ini.

"Saya tetap respect terhadap Ayub Hidayat, dia merupakan senior saya. Tetapi, saya juga tidak mau kalah di laga ini dengan ingin membuktikan menjadi juara," ungkap pelatih yang juga menangani tim TNI AU itu.

Alim sendiri berhasil membawa pulang gelar pelatih terbaik tim putri Proliga 2022. Kemudian, tiga penghargaan individu lainnya, juga diborong oleh BJB Tandamata. Di antaranya Yulis Indahyani (Best Libero), Madeline Jazmin Guillen P (Top Scorer) dan Nandita Ayu Salsabila (MVP).

Sebagai informasi, dengan kemenangan ini, BJB Tandamata tercatat meraih gelar ketiga mereka di Proliga, setelah juara pada edisi 2003 dengan nama Bank Jabar dan pada 2006 dengan nama Bandung Artdeco Bank Jabar. Adapun dengan kekalahan ini, tim asal kota Gresik harus puas lima kali menjadi runner up Proliga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini