Share

Perbedaan Baju Bela Diri untuk Karate, Judo, dan Taekwondo

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Senin 21 Februari 2022 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 43 2550796 perbedaan-baju-bela-diri-untuk-karate-judo-dan-taekwondo-x6yViqjGCD.jpg Perbedaan baju bela diri untuk karate, judo, dan taekwondo (Foto: Reuters)

PERBEDAAN baju bela diri untuk karate, judo, dan taekwondo akan dibahas Okezone. Jika dilihat sekilas, memang tak ada bedanya. Tetapi, jika dilihat secara seksama, ketiganya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Perlu diketahui, baju dalam seni bela diri menjadi penanda sebagai bentuk perwujudan dari sebuah cabang olahraga (cabor) tersebut. Mayoritas cabang seni bela diri memiliki warna dan tipe baju yang sama meski ada perbedaan dan ciri khas masing-masing.

Lantas, bagaimana cara membedakan baju bela diri karate, judo, dan taekwondo? Simak penjelasan berikut ini.

3. Karate Gi (Karate)

Karate gi merupakan baju karate yang berasal dari Jepang. Karate Gi bermakna baju yang artinya baju digunakan untuk seorang karateka.

Umumnya, karate gi dilengkapi dengan pelindung tangan, tulang kering, dan sabuk yang diberi nama obi. Sabuk pada karate dijadikan sebagai lambang tingkatan ilmu bagi seorang karateka.

Perbedaan Baju Bela Diri untuk Karate, Judo, dan Taekwondo

(Pertarungan judo, foto: Reuters)

2. Judogi (Judo)

Sama halnya dengan karate, seni bela asal Jepang satu ini memiliki baju yang biasa disebut dengan judogi. Meski dari negara yang sama, baju judo berbeda dengan karate. Secara umum, baju judo terdiri dari tiga jenis, yakni:

- Umagi (Baju)

Umagi dipakai untuk menutupi pantat ketika ikat pinggang dikenakan. Terdapat selisih sebanyak 5 hingga 8 cm antara ujung lengan dan ketiak. Untuk lengan baju, panjangnya lebih sedikit sekira dua pertiga dari panjang baju.

- Shitabaki (Celana)

Shitabaki adalah celana untuk judo didesain sedikit longgar dengan ujung celana dan pergelangan kaki selisih sekitar 5 hingga 8 cm.

- Obi (Sabuk)

Obi adalah sabuk yang digunakan untuk judo. Setelah diikat untuk setiap sisi yang memiliki panjang sekitar 20 hingga 30 cm menjuntai. Sama halnya dengan karate, sabuk judo juga digunakan sebagai tingkatan judoka. Meski begitu, warnanya berbeda dengan karate.

Umumnya, baju judo lebih tebal dari karate gi. Itu untuk melindungi judoka dari benturan saat bertarung atau berlatih.

Perbedaan Baju Bela Diri untuk Karate, Judo, dan Taekwondo

(Pertarungan taekwondo, foto: istimewa)

1. Dobok (Taekwondo)

Dobok adalah baju wajib yang dikenakan saat berlatih taekwondo. Baju ini terinspirasi dari baju tradisional korea han dobok atau hanbok yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan fleksibilitas.

Sebagai atribut penting, Dobok memiliki 3 pola khas, yaitu:

- Pola lingkaran (won) sebagai lambang surga yang terwujud dalam bentuk bagian pinggang melingkar.

- Pola persegi (bang) sebagai lambang alun-alun atau areal yang luas (bumi) terwujud pada ujung lengan celana bentuk persegi.

- Pola segitiga (kak) sebagai lambang manusia yang terwujud pada bagian pinggul, berbentuk triangle areas atau segitiga.

Ketiga simbol itu terintegrasi dalam satu desain baju yang memiliki filosofi dasar dari alam semesta (samilshingo). Dalam perkembangannya, bentuk kerah pada dobok dengan beraneka ragam warna juga dapat melambangkan tingkatan pemakainya. Itu sama dengan warna sabuknya.

Demikianlah, perbedaan dari baju seni bela diri dari Jepang dan Korea itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini