Share

Momen Heboh Tinju Dunia, Mike Tyson Gigit Kuping Holyfield 2 Kali

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 05 Januari 2022 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 05 43 2527753 momen-heboh-tinju-dunia-mike-tyson-gigit-kuping-holyfield-2-kali-UnIFOK7Yn5.jpg Momen heboh tinju dunia, Mike Tyson gigit kuping Holyfield 2 kali. (Foto: Reuters)

MOMEN heboh tinju dunia, Mike Tyson gigit kuping Holyfield 2 kali. Ini jadi salah satu momen paling dikenang dan menggemparkan dunia tinju. Pasalnya, momen Mike Tyson menggigit kuping lawannya ini tak pernah diduga akan dilakukan dalam pertarungan tinju profesional yang dinantikan publik dunia.

Ya, sosok Mike Tyson pernah menarik perhatian besar publik pada 28 Juni 1997. Bukan karena prestasinya, petinju Muslim itu jadi sorotan karena aksi kontroversialnya yang menggigit kuping rival di atas ring tinju.

Momen Heboh Tinju Dunia, Mike Tyson Gigit Kuping Holyfield 2 Kali

Kala itu diketahui, Mike Tyson menjalani duel jilid II melawan Evander Holyfield. Dalam pertemuan pertama yang terjadi pada 1996 di MGM Grand, Nevada, Amerika Serikat, Holyfield sukses memenangkan duel yang memperebutkan sabuk juara versi WBA itu usai menang TKO di ronde 11.

BACA JUGA: 5 Atlet Muslim yang Paling Sukses di Dunia Olahraga, Nomor 1 Sahabat Cristiano Ronaldo

Di duel kedua yang berlangsung pada 28 Juni setahun kemudian, Iron Mike -julukan Mike Tyson- tentunya berharap bisa revans. Berlangsung di tempat yang sama, duel jilid II petinju hebat dunia ini digelar.

Duel berlangsung sengit. Di babak pertama, Holyfield langsung memukul Tyson dengan tembakan keras. Di ronde berikutnya, Mike Tyson tampak lebih frustrasi meladeni serangan bertubi-tubi dari rivalnya.

BACA JUGA: 5 Atlet Ini Temukan Kehidupan Kedua Usai Jadi Mualaf, Nomor 1 Pernah Masuk Penjara

Tak disangka, situasi ini menimbulkan reaksi mengejutkan dari Mike Tyson. Di ronde ketiga, Mike Tyson yang kehilangan ketenangan, menggigit telinga kanan Holyfield. Meski Holyfield merasa kesakitan, duel itu masih tetap berlanjut setelah dihentikan sejenak.

Kala duel berlajut, Mike Tyson ternyata kembali berulah dengan menggigit telinga kiri Holyfield. Due akhirnya dihentikan dan Mike Tyson didiskualifikasi. Dia dipastikan gagal merebut sabuk juara.

Holyfield sendiri langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan. Insiden ini langsung geger disorot publik. Pasalnya, duel itu sendiri sudah dinantikan banyak orang sehingga memiliki banyak sekali penonton.

Usai pertarungan tersebut, Tyson pun harus disanksi. Dia mendapat denda USD3 juta dan kehilangan lisensi tinju di negara bagian Nevada selama lebih dari setahun.

Momen Heboh Tinju Dunia, Mike Tyson Gigit Kuping Holyfield 2 Kali

Meski sempat merasa kesal, Tyson mengaku telah menyesali perbuatannya. Petinju berusia 53 tahun itu pun sudah meminta maaf langsung kepada Holyfield atas insiden tersebut dan kini telah berteman baik.

“Saya benar-benar sangat berterima kasih bahwa Evander memaafkan saya untuk ini. Ia kehilangan sepotong telinganya, saya kehilangan sepotong uang. Banyak uang dan saya kehilangan lisensi,” ungkap Tyson dalam wawancara pada 2020, mengutip dari Ring News24.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini