6 Duel Paling Heboh Valentino Rossi vs Marc Marquez, Nomor 1 Tidak Terjadi dalam Balapan

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 02 Desember 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 38 2510551 6-duel-paling-heboh-valentino-rossi-vs-marc-marquez-nomor-1-tidak-terjadi-dalam-balapan-cigzRbpSru.jpg 6 duel paling heboh Valentino Rossi vs Marc Marquez (Foto: Reuters)

6 duel paling heboh Valentino Rossi vs Marc Marquez akan dibahas Okezone. Sebagaimana diketahui, kedua pembalap hebat itu punya sejarah rivalitas yang amat panas.

Meski Rossi punya banyak rival di masa lalu, persaingan dengan Marquez tetaplah yang paling sering dibicarakan. Berikut enam duel Rossi vs Marquez yang paling heboh.

6. MotoGP Amerika Serikat (AS) 2013

6 Duel Paling Heboh Valentino Rossi vs Marc Marquez

(Marc Marquez bertarung ketat dengan Valentino Rossi, foto: Istimewa)

Daftar ini akan dimulai dengan duel panas Rossi dengan Marquez di MotoGP Amerika Serikat (AS) 2013 yang berlangsung di Sirkuit Laguna Seca. Sebagai rookie pada musim itu, Marquez tampil luar biasa hingga terlibat pertarungan sengit dengan Rossi.

Puncaknya, Marquez menyalip Rossi di tikungan Corkscrew yang berbentuk S. Marquez harus keluar sedikit ke gravel saat melakukan aksinya itu. Sekadar informasi, aksi Marquez ini mirip dengan apa yang dilakukan Rossi saat menyalip Casey Stoner di tempat serupa pada 2008 silam.

Sementara itu, Marquez akhirnya keluar sebagai pemenang MotoGP AS 2013. Untuk Rossi, pembalap Italia itu harus puas finis ketiga.

5. MotoGP Argentina 2015

6 Duel Paling Heboh Valentino Rossi vs Marc Marquez

(Valentino Rossi terlibat duel panas dengan Marc Marquez demi memperebutkan kemenngan, foto: Istimewa)

MotoGP Argentina 2015 di Sirkuit Termas de Rio Hondo jadi saksi bisu aksi saling senggol antara Rossi dengan Marquez. Dalam balapan itu, Marquez ada di possi pertama dengan Rossi menempel ketat di belakangnya. Saat balapan menyisakan dua lap lagi, Rossi mampu menyalip Marquez.

The Baby Alien tidak menyerah begitu saja. Sayang, aksinya menyalip Rossi justru berbuah petaka. Ban depan motor Marquez terkena ban belakang motor Rossi sehingga pembalap Spanyol itu pun terjatuh. Rossi akhirnya keluar sebagai pemenang, sedangkan Marquez gagal menyelesaikan balapan.

4. MotoGP Belanda 2015

6 Duel Paling Heboh Valentino Rossi vs Marc Marquez

(Valentino Rossi dan Marc Marquez saling senggol, foto: MotoGP)

Duel panas Rossi dengan Marquez selanjutnya masih terjadi pada musim 2015. Kali ini, MotoGP Belanda 2015 di Sirkuit Assen jadi panggung duel dua pembalap hebat itu.

Balapan berlangsung ketat dengan Rossi berada di posisi pertama dan Marquez di belakangnya. Pertarungan Rossi dan Marquez terjadi hingga lap terakhir yang menyebabkan motor mereka bersenggolan. Rossi bahkan harus melebar ke gravel, tetapi dia mampu finis lebih dulu ketimbang Marquez yang harus puas dengan posisi kedua.

3. MotoGP Malaysia 2015

6 Duel Paling Heboh Valentino Rossi vs Marc Marquez

(Valentino Rossi dianggap bersalah atas insiden terjatuhnya Marc Marquez, foto: MotoGP)

Musim 2015 jadi panggung duel bagi Rossi dan Marquez meski persaingan memperebutkan gelar juara justru terjadi antara The Doctor dengan Jorge Lorenzo. Puncak duel Rossi dan Marquez pada musim itu terjadi di MotoGP Malaysia 2015 yang berlangsung di Sirkuit Sepang.

Marquez bersaing ketat dengan Rossi dalam balapan tersebut demi podium ketiga. Mereka pun akhirnya bersenggolan hingga Marquez terjatuh. Rossi finis ketiga, sedangkan Marquez gagal meraih poin.

Rossi dianggap bersalah atas insiden dengan Marquez sehingga memulai balapan terakhir musim itu, MotoGP Valencia 2015, dari posisi paling buncit. Dia pun finis keempat di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, sehingga harus rela melihat Lorenzo menjadi juara.

2. MotoGP Argentina 2018

6 Duel Paling Heboh Valentino Rossi vs Marc Marquez

(Valentino Rossi jatuh usai disenggol Marc Marquez, foto: Istimewa)

Selang tiga tahun usai insiden di MotoGP 2015, Marquez kembali berulah yang merugikan Rossi. Di MotoGP Argentina 2018, Marquez tampil amat agresif demi meraih hasil terbaik.

Namun, aksi The Baby Alien memakan korban, yaitu Rossi yang tersenggol olehnya sehingga jatuh pada lap ke-21. Akhirnya, Rossi mengakhiri balapan di posisi ke-19, sedangkan Marquez ada tepat di depannya. Seusai balapan, Marquez mendatangi garasi Rossi untuk meminta maaf, tetapi ditolak oleh kru The Doctor.

1. Kualifikasi MotoGP San Marino 2019

6 Duel Paling Heboh Valentino Rossi vs Marc Marquez

(Valentino Rossi bahkan terlibat duel panas dengan Marc Marquez dalam kualifikasi, foto: Istimewa)

Duel Rossi dan Marquez tidak hanya terjadi dalam balapan, tetapi juga kualifikasi. Dalam Kualifikasi MotoGP San Marino 2019 di Sirkuit Misano, Italia, Rossi dan Marquez terlibat duel panas lagi.

Saat itu, Marquez menempel ketat Rossi. Di satu tikungan, Rossi mengerem dengan amat lambat sehingga motornya hampir bersenggolan dengan Marquez. Selepas insiden itu, kedua pembalap menunjukkan gestur tidak senang satu sama lain.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini