Greysia Polii Alami Masalah Bahu, Eng Hian Tidak Targetkan Juara di BWF World Tour Finals 2021

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 40 2509685 greysia-polii-alami-masalah-bahu-eng-hian-tidak-targetkan-juara-di-bwf-world-tour-finals-2021-hanD7Me4M2.JPG Greysia Polii/Apriyani Rahayu. (Foto: Humas PP PBSI)

NUSA DUA - Sampai saat ini ternyata kondisi Greysia Polii masih belum fit sepenuhnya. Menurut penyataan Pelaih ganda putri Indonesia, Eng Hian, saat ini Greysia mengalami sakit dibahunya yang membuat pasangan Apriyani Rahayu itu tak bisa tampil maksimal di ajang BWF World Tour Finals 2021.

Karena itulah, Eng Hian mengaku tak mau memberi target tinggi kepada Greysia/Apriyani. Ia hanya pasangan ganda putri Indonesia itu tampil semaksimal mungkin dan hasil baik tentu akan mengikuti setelahnya.

Jelang BWF World Tour Finals 2021 yang bergulir pada Rabu 1 Desember 2021, Eng Hian menyatakan kondisi peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 tersebut cukup baik. Hanya saja, mereka tidak dalam kondisi sempurna karena Greysia masih sedikit mengalami masalah pada bahu yang bengkak.

Baca Juga: Hasil Drawing Ganda Putri BWF World Tour Finals 2021: Greysia/Apriyani Satu Grup dengan Peringkat 4 Dunia

Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Humas PP PBSI)

Eng Hian menuturkan kondisi fisik Greysia yang kurang prima sendiri sudah terjadi sejak Piala Sudirman dan Piala Uber beberapa bulan lalu dan masih terasa hingga saat ini. Situasi ini yang mungkin akan menjadi perhatian khusus bagi Eng Hian untuk memantau anak asuhnya.

Terlebih lagi, ajang BWF World Tour Finals sendiri bukan ajang main-main karena langsung bertemu lawan berat sejak awal kompetisi. Sebab, ada delapan pasangan ganda putri terbaik dunia yang akan saling sikut untuk merebut gelar juara.

"Kalau strategi itu ada, setiap menghadapi per pasangan itu ada strategi sendiri. Kita melihat di sini, kondisi shuttlecock cukup berat. Ini yang harus waspadai," ungkap Eng Hian kepada awak media di Bali International Convention Centre, Selasa (30/11/2021).

"Karena jujur untuk kondisi fisik Greysia sendiri belum pulih 100 persen sejak kemarin dari rangkaian tur, dari Sudirman, Uber, itu ada sedikit kendala di bahunya yang kambuh lagi," tambahnya.

Lebih lanjut, Eng Hian tidak mematok target juara kepada Greysia/Apriyani. Menurutnya, jika pasangan peringkat enam dunia itu mampu tampil maksimal di setiap pertandingannya sudah cukup. Tentu andai tampil optimal maka hasilnya akan mengikuti.

"Jadi kita harapkan kemauan dari Greysia untuk bisa tampil maksimal. Saya enggak bilang harus juara, yang penting tampil maksimal. Itu bisa menutup kondisi yang tidak 100 persen. Saya percaya kepada Greysia/Apriyani, mereka mampu tampil maksimal. Kalau tidak mampu, mereka memang 100 persen tidak mampu. Jadi ketika turun di lapangan mereka siap 100 persen," sambungnya.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Humas PP PBSI)

Sementara ini, per hari ini, Eng Hian menilai Greysia/Apriyani sudah siap secara fisik dan mental untuk menghadapi BWF World Tour Finals 2021. Pemulihan pascatampil di final Indonesia Open 2021 telah pulih perlahan.

"Per hari ini, kondisinya tidak ada masalah. Pada saat latihan tadi kondisinya secara mental fisik mereka siap. Kita harapkan nanti tidak ada halangan apa pun. Jadi sejauh ini kondisi Greysia/Apriyani siap untuk BWF World Tour Finals," tambahnya Eng Hian.

Greysia/Apriyani sendiri berhasil lolos ke BWF World Tour Finals 2021 berkat tiket emas yang mereka raih usai merebut medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. Jika berdasarkan poin, sebenarnya pasangan Greysia/Apriyani jauh dari posisi delapan besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini