Pembukaan Peparnas Papua 2021 Diwarnai Atraksi 500 Drone

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 43 2497443 pembukaan-peparnas-papua-2021-diwarnai-atraksi-500-drone-xQuEZ8e1wK.jpg Atraksi 500 drone di pembukaan Peparnas Papua 2021. (Foto/Antara)

JAYAPURA – Pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Papernas) XVI Papua 2021 diwarnai dengan kilatan cahaya yang melayang di udara. Cahaya tersebut merupakan atraksi dari 500 drone yang diterbangkan pada acara pembukaan.

Berlangsung di Stadion Mandala Jayapura, drone-drone ini mengingatkan kita pada upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 lalu. Di mana konfigurasi yang terbentuk dari formasi drone memiliki makna tersendiri yang berkaitan dengan tempat terlaksananya event tersebut.

Foto/Antara

Adapun konfigurasi yang terbentuk di antaranya gambar burung Garuda yang merupakan lambang negara Indonesia. Tak ketinggalan konfigurasi bendera merah putih yang berukuran raksasa layaknya menyelimuti stadion.

Baca juga: Peparnas Papua 2021 Resmi Dibuka Wakil Presiden Maruf Amin

Satu lagi yang tidak luput dari konfigurasi ini adalah segala yang berkaitan dengan tanah Papua. Mulai dari sketsa Pulau Papua, burung Cendrawasih sebagai hewan khas Papua, hingga rumah-rumah adat di Papua.

Itu semua terbentuk dengan teratur dan indah di langit Papua. Tak ketinggalan lantunan musik penuh ketenangan mengiringi drone tersebut berganti konfigurasi.

Sebagaimana diketahui, upacara pembukaan ini dihadiri oleh para penonton yang mengisi sebagian tribun Stadion Mandala Jayapura. Seluruh penonton itu terlihat tetap menjaga protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker.

Acara diawali dengan video sambutan dari Presiden Joko Widodo secara virtual. Jokowi menyampaikan permintaan maaf karena tidak hadir langsung tapi tidak mengurangi kebanggaannya kepada para atlet dan tanah Papua.

Jokowi pun berharap penyelenggaran Peparnas XVI Papua 2021 ini berjalan lancar dan dapat mengulangi kemeriahan PON XX 2021 lalu. Jokowi pun menjanjikan akan hadir langsung pada upacara penutupan nanti.

Setelahnya ada menyanyikan Indonesia Raya yang dipimpin oleh penyanyi kawakan Anggun Cipta Sasmi bersama 150 anak Papua. Sesaat setelah lagu kebangsaan selesai dinyanyikan, saling bersautan kembang api bermacam warna dan bentuk menghiasi langit Papua.

Foto/Antara

Upacara pembukaan ini mengusung tema: “Cahaya Kemenangan dari Timur Papua”. Semangat meraih kemenangan ditunjukkan secara visual berupa keindahan budaya papua, pemandangan yang indah, keramahan masyarakatnya dan kata-kata membangkitkan motivasi.

Pergelaran tarian kolosal 950 penari dari Papua, 5 konfigurasi budaya Papua. Terdiri dari Rumah Tradisional Papua dengan penggambaran adat di setiap tempat tinggal di sana.

Kemudian ada juga tarian Sampan yang menunjukkan aktivitas mayoritas penduduk Papua adalah di sekitar sungai-sungai. Tak ketinggalan tarian penanda para pemuda Papua yang pandai berperang.

Kemudian sampailah pada perayaan parade atlet yang memasuki Stadion Mandala. Para atlet mewakili 34 Provinsi mulai dari ujung Barat ke ujung Timur dengan wajah sumringah melambaikan tangan ke arah penonton.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini