Terpilih Jadi Tuan Rumah Tiga Turnamen Bulutangkis Dunia, Ini Harapan Besar Gubernur Bali

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Jum'at 29 Oktober 2021 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 29 40 2493771 terpilih-jadi-tuan-rumah-tiga-turnamen-bulutangkis-dunia-ini-harapan-besar-gubernur-bali-AhcMtNF1LZ.jfif Gubernur Bali, Wayan Koster. (Foto: Antara)

DENPASAR Guberner Bali, Wayan Koster menyambut baik keputusan tiga turnamen besar bulutangkis dunia yang akan berlangsung secara beruntun di Pulau Dewata. Ia pun berharap dengan adanya tiga turnamen itu, pariwisata dan perokonomian Bali bisa segera bangkit.

Gara-gara pandemi Covid-19, dua tahun sudah Indonesia absen menjadi tuan rumah ajang bulutangkis dunia. Kini akhirnya Indonesia akan kembali menggelar tiga turnamen pada pertengahan November hingga awal Desember 2021 mendatang di Bali.

Tiga turnamen yang dimaksud adalah Indonesia Masters 2021, Indonesia Open 2021 dan BWF World Tour Finals 2021. Semua kejuaraan tersebut akan berlangsung dengan sistem bubble di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua.

Dipilihnya Bali sebagai tuan rumah adalah karena kasus covid-19 yang terus melandai di sana. Selain itu, tingkat vaksinasi di Pulau Dewata juga sudah mencapai 100 persen.

Baca Juga: Tim Bulu Tangkis Indonesia Juara Piala Thomas 2020, Hariyanto Arbi Tak Kaget

Gubernur Bali, Wayan Koster

Karena itu, Wayan mengungkapkan rasa syukurnya kepada Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) selaku pihak penyelenggara yang telah memilih daerahnya untuk menjadi tuan rumah. Sang Gubernur pun menyebut bahwa gelaran tiga turnamen tersebut akan memberikan dampak positif untuk sektor pariwisata dan perekonomian Bali yang sempat lesu akibat pandemi.

"Terima kasih kepada PBSI yang memilih Bali sebagai tempat penyelenggaraan kejuaraan bulutangkis internasional ini. Ajang ini akan kita dukung secara maksimal karena bisa menjadi citra positif bagi Bali untuk membangkitkan kembali pariwisata dan perekonomian Bali," kata Wayan Koster dalam konferensi pers virtual, Jumat (29/10/2021).

"Event bulutangkis ini sangat penting untuk menguji kita dalam menggelar kejuaraan dan dalam menangani pandemi Covid-19. Semoga semua bisa berjalan baik karena ke depannya Bali akan banyak menjadi tuan rumah kegiatan internasional," imbuhnya.

Hal senada juga keluar dari mulut Ketua Umum PBSI, Agung Firmas Sampurna, yang turut hadir dalam konferensi pers tersebut. Dia berharap gelaran tiga turnamen bulutangkis tersebut bisa memberikan semangat kepada semua rakyak Indonesia agar bisa bangkit dari masa sulit selama pandemi.

“Turnamen internasional ini juga merupakan gawean pertama dalam kepengurusan PP PBSI periode 2020-2024 di bawah kepemimpinan saya. Harapannya, turnamen ini mampu menyemangati seluruh masyarakat Indonesia untuk kembali pulih dan bangkit dari pandemi Covid-19,” ujar Agung.

Logo PBSI

Digelar di tengah pandemi covid-19, tiga turnamen tersebut tidak akan disaksikan langsung oleh penonton di stadion. Selain itu, protokol kesehatan juga diterapkan secara ketat, termasuk sistem bubble yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China itu.

Menarik tentunya melihat ketiga turnamen besar itu akan berlangsung di satu kawasan yang sama. Untuk mengetahu jadwal lebih lengkapnya, Indonesia Masters 2021 akan berlangsung pada 16-21 November, diikuti oleh Indonesia Open 2021 pada 23-28 November mendatang, lalu akan diakhiri turnamen BWF World Tour Finals 2021 pada 1-5 Desember 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini