Tim Bulu Tangkis Indonesia Juara Piala Thomas 2020, Hariyanto Arbi Tak Kaget

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 27 Oktober 2021 04:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 40 2492236 tim-bulu-tangkis-indonesia-juara-piala-thomas-2020-hariyanto-arbi-tak-kaget-TzfEYFrAmP.jpg Indonesia juara Piala Thomas 2020. (Foto: PBSI)

PENCAPAIAN manis tim bulu tangkis Indonesia di ajang Piala Thomas 2020 mendapat apresiasi dan perhatian besar dari publik Tanah Air dan juga dunia. Legenda bulu tangkis Indonesia, Hariyanto Arbi, pun membeberkan soal kunci sukes Jonatan Christie dan kawan-kawan dalam mencapai kesuksesan besar itu.

Sebagaimana diketahui, Indonesia sukses menyebet gelar juara di Piala Thomas 2020 usai melibas China 3-0 di partai final. Tiga poin kemenangan Indonesia di partai final dipersembahkan oleh Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan juga Jonatan Christie.

Tim Indonesia di Piala Thomas 2020. (Foto: Instagram/@badminton.ina)

Kesuksesan ini membuat Indonesia langsung memastikan diri mengakhiri puasa gelar juara di pentas Piala Thomas yang sudah berlangsung selama 19 tahun lamanya! Indonesia terakhir kali merebut gelar juara pada 2002.

Melihat Indonesia meraih kesuksesan ini, Hariyanto Arbi menjelaskan bahwa kebersamaan tim menjadi kunci sukses yang utama dalam meraih gelar juara. Ia menilai bahwa Anthony Ginting cs berhasil tampil kompak di sepanjang gelaran Piala Thomas 2020.

BACA JUGA: Piala Thomas 2020: Kevin Sanjaya Akui Agak Aneh Nyanyikan Lagu Indonesia Raya Tanpa Melihat Bendera Merah Putih

“Kebersamaan tim, terlebih setelah kemarin kalah di Piala Sudirman. Strategi dan kekompakan tim menjadi kunci keberhasilan Thomas Cup kembali ke Indonesia,” ujar Hariyanto Arbi kepada Okezone dalam acara Special Dialogue.

BACA JUGA: Jonatan Christie Tumbang Juga, Skuad Pemenang Piala Thomas 2020 Habis di Denmark Open 2021

Diketahui, Indonesia memang gagal mendulang hasil manis dalam ajang Piala Sudirman 2021 yang dihelat sebelum Piala Thomas 2020. Di ajang itu, Indonesia tersingkir di babak perempatfinal usai tumbang di tangan Malaysia.

Anthony Sinisuka Ginting

Namun, kekecewaan itu tak lantas membuat para pemain Indonesia terpuruk terlalu lama. Terbukti, mereka bisa segera bangkit di ajang beregu selajutnya.

Untuk merebut gelar juara Piala Thomas 2020 sendiri, langkah Indonesia tak bisa dibilang mudah. Sebab, ada sederet lawan berat dan kuat yang dihadapi tim bulu tangkis Indonesia di Piala Thomas 2020.

Di babak penyisihan grup, Taiwan dan juga Thailand jadi lawan yang berat. Namun, berkat kerja keras dan kekompakan Jonatan cs, kemenangan bisa diraih sehingga mengantar Indonesia menjadi juara grup.

Kemudian, di babak perempatfinal, Indonesia kembali dihadapkan dengan Malaysia. Memori pahit di Piala Sudirman 2021 tentu menghantui para pemain. Namun, mereka tak lantas menjadikannya sebagai alasan untuk takut. Mereka justru sukses membalaskan kekalahan di Piala Sudirman dengan melibas skor 3-0.

Jonatan Christie

Lawan berat lain kemudian menanti Indonesia di babak semifinal. Mereka dihadapkan dengan tuan rumah Denmark yang diisi sederet pemain top dunia, seperti Viktor Axelsen hingga Anders Antonsen. Tetapi lagi-lagi, hasil manis diraih Indonesia yang menang dengan skor 3-1.

Menurut Hariyanto Arbi, meski lawan yang dihadapi Indonesia begitu kuat, kans Hendra Setiawan cs untuk menang tetap terbuka lebar. Sebab, kekuatan di skuad Indonesia sendiri sangatlah merata.

“Kansnya sejak awal ada. Kekuatan tim merata. Dan saling mendukung satu sama lain jika anggota lain kalah,” jelas Hariyanto Arbi.

“Misalnya waktu lawan Thailand, gandanya kalah, yang tunggal menang semua. Waktu lawan Taiwan, tunggalnya main kurang bagus, tapi gandanya menang,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini