Didukung Statistik, Max Verstappen Raih Gelar Juara F1 2021?

Antara, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 01:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 37 2492863 didukung-statistik-max-verstappen-raih-gelar-juara-f1-2021-FdiP6YVmES.jpg Max Verstappen punya kans besar juara F1 2021. (Foto: Reuters)

NAMA Max Verstappen makin dielu-elukan untuk menjuarai F1 2021. Pasalnya, dia terus tampil apik dan bahkan sukses memenangi balapan teranyar, yakni F1 GP AS 2021.

Tak hanya karena penampilan, statistik Verstappen sejauh ini pun dinilai bisa mendukungnya untuk merebut gelar juara. Mari menilik lebih jauh soal statistik tersebut.

Max Verstappen

Sebenarnya, gagal finis sekali saja bisa mengubah segalanya bagi Verstappen dalam memperebutkan gelar juara musim ini. Tapi, statistik terkini mendukung pembalap Red Bull itu di saat mencoba menghalangi Lewis Hamilton memecahkan rekor delapan gelar juara dunia Formula 1 musim ini.

Kemenangan di Grand Prix Amerika Serikat akhir pekan lalu menjadi selebrasi kedelapan bagi sang pembalap berusia 24 tahun asal Belanda dari 17 balapan yang telah ia jalani musim ini, dibandingkan lima kemenangan bagi sang juara dunia tujuh kali dari tim Mercedes.

BACA JUGA: Max Verstappen Jauhi Lewis Hamilton di Klasemen Sementara F1, Bos Mercedes Tak Khawatir

Selama 70 tahun sejarah Formula 1, hanya ada satu pembalap yang menang delapan kali dalam satu musim, namun tidak keluar sebagai juara dunia.

BACA JUGA: Menangi F1 GP AS 2021, Max Verstappen Tak Mau Sombong

Itu terjadi ketika Hamilton, yang mengoleksi 10 kemenangan pada 2016, kalah dari rekan satu timnya Nico Rosberg asal Jerman dalam perebutan gelar juara dunia.

Austin juga menyaksikan Verstappen memperpanjang rekor yang mungkin tak lama lagi bukan menjadi miliknya.

Tak ada pembalap lain yang memiliki begitu banyak kemenangan dalam karier tanpa meraih titel, seperti Verstappen, yang mengoleksi 18 kemenangan, mengungguli mendiang pembalap Inggris Stirling Moss dengan 16 kemenangan.

Dengan lima balapan tersisa hingga akhir musim, Hamilton tak lagi memiliki peluang menyamai catatan 11 kemenangan yang ia raih pada 2020, 2019, dan 2018. Bahkan, sang pembalap Inggris kewalahan mengulangi rekor terburuk enam kemenangan yang ia raih pada 2017 di era mesin turbo hybrid V6 yang didominasi Mercedes.

Verstappen masih dapat menyamai rekor 13 kemenangan dalam satu musim yang dipegang Michael Schumacher (2004) dan Sebastian Vettel (2013). Ia kini unggul 9-3 atas Hamilton dalam pole position dan 13-12 dalam finis podium, di saat sang pebalap Inggris menang 5-4 dalam hal lap tercepat.

Max Verstappen

"Walaupun Lewis memiliki pengalaman dan pernah memenangi kejuaraan dunia, saya tidak melihat itu sebagai keuntungannya sekarang," kata pebalap Australia Daniel Ricciardo bicara tentang kematangan Verstappen.

"Saya kira Max memiliki kemampuan untuk itu, dia memiliki pikiran yang cukup tenang dan dia telah membuktikan itu dengan sejumlah pebalap yang pernah ia hadapi tahun ini," kata Ricciardo dikutip Reuters.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini