Sirkuit Mandalika Gelar WSBK dan MotoGP, Efek Bergandanya Bisa Capai Rp500 Miliar!

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 19 Oktober 2021 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 38 2488658 sirkuit-mandalika-gelar-wsbk-dan-motogp-efek-bergandanya-bisa-capai-rp500-miliar-js5R3uG9QC.jpg Sirkuit Mandalika siap gelar balapan WSBK dan MotoGP (Foto: Farabi/MPI)

JAKARTA - Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk World Superbike 2021 dan MotoGP 2022. Kedua ajang balapan besar itu bisa menimbulkan efek berganda pada ekonomi Indonesia.

Digadang-gadang, efek berganda (multiplier effect) dari gelaran ini bisa mencapai Rp500 Miliar per satu event. Hal itu diungkapkan Direktur Keuangan Strategi dan Manajemen Risiko PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC), Nugdha Achadie, dalam acara peluncuran logo di Kaum Resto, Jakarta, Selasa (19/10/2021).

MGPA rilis dua logo (Foto: Farabi/MPI)

Sebagaimana diketahi, WSBK akan mampir ke Sirkuit Mandalika pada 19-21 November 2021 mendatang. Lalu, MotoGP 2022 seri Indonesia akan berlangsung pada Maret 2022 mendatang.

Nugdha, mewakili pihak pengembang dan pengelola kawasan, mengatakan ajang-ajang ini bukan hanya untuk meningkatkan branding negara Indonesia. Akan tetapi, juga bermanfaat bagi warga sekitar Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

BACA JUGA: Resmi! MGPA Rilis Logo untuk Ajang Balap di Sirkuit Mandalika

Manfaat itu dapat dirasakan dari nilai ekonomi dan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar. Ia pun memaparkan detail dari efek berganda ini yang menguntungkan bagi Indonesia.

“Kami percaya event balap motor yang akan berlangsung di The Mandalika ini akan menjadi multiplier effect besar bagi perekonomian di Indonesia. Berdasarkan perhitungan, multiplier effect akan diperoleh dari nilai ekonomi yang dibangkitkan dari satu event WSBK/MotoGP tidak kurang dari RP500 miliar,” ucap Nugdha.

“(Ada Pula) penyerapan tenaga kerja kurang lebih sebesar 7.950 orang, peningkatan produk UMKM dengan penambahan tenaga kerja sebanyak paling tidak 3.000 orang,” lanjutnya.

MGPA rilis dua logo (Foto: Farabi/MPI)

Selain itu, adanya dua ajang besar ini diyakini akan menambah jumlah wisatawan asingg. Hal ini sejalan dengan tujuan menguatkan country branding Indonesia di mata dunia.

“Peningkatan kunjungan wisatawan ke Lombok (diprediksi) hingga 19% dan tak kalah penting adalah perkuatan country branding bagi Indonesia. Oleh karena itu kami mohon doa dan dukungan semua pihak agar ajang-ajang tersebut berjalan lancar dan sukses,” lanjutnya.

Kemudian, Nugdha memaparkan kesiapan dari sirkuit ini sudah mencapai 100%, terutama untuk konstruksi lintasannya. Untuk beberapa fasilitas pendukung seperti race control, Pit Building, dan Medical Center, rencananya siap digunakan saat balapan dimulai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini