Jika Indonesia Juara Piala Thomas 2020, Jangan Kaget Tak Ada Bendera Merah Putih di Podium

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Minggu 17 Oktober 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 17 40 2487602 indonesia-tak-bisa-kibarkan-bendera-merah-putih-di-piala-thomas-2020-kok-bisa-VY2r2iiKj6.jpeg Anthony Sinisuka Ginting. (Foto: Badminton Photo)

AARHUS - Bendera Merah Putih takkan berkibar di podium Piala Thomas 2020 meskipun tim bulu tangkis Indonesia berhasil menumbangkan China di final untuk menjuarai kompetisi tersebut. Hal iitu dikarenakan imbas dari teguran Badan Anti-Doping Dunia (WADA) kepada Indonesia.

Sebagai gantinya, bendera Merah Putih akan diganti dengan bendera bergambar logo Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI). Jadi, jangan kaget jika Anda melihat bendera berlogo PBSI saat acara podium Piala Thomas 2020.

Indonesia kini sudah mencapai final usai mengalahkan tuan rumah Denmark di partai semifinal Piala Thomas 2020. Laga tersebut digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu 16 Oktober 2021.

Sebagaimana diketahui, Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal usai mengalahkan Malaysia. Selanjutnya Indonesia akan melawan China di babak final Piala Thomas 2020 pada Minggu (17/10/2021) pukul 18.00 WIB.

Itu artinya Indonesia akan hadir hingga upacara penutupan, mengingat dalam gelaran Piala Thomas sendiri terdapat empat negara semifinalis. Yang mana, empat negara tersebut akan menghadiri upacara penutupan dan masing-masing bendera negara bakal dikibarkan.

Baca Juga: Daftar Line up Indonesia vs China di Final Piala Thomas 2020: Kejutan, Kevin Sanjaya Sukamuljo Tak Main dengan Marcus Fernaldi Gideon

Bendera Indonesia

Akan tetapi, Indonesia dilaporkan tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih dan akan diganti dengan bendera PBSI dalam upacara penutupan Piala Thomas 2020. Informasi tersebut juga telah dikonfirmasi oleh Kabid Humas dan Media PBSI, Brotto Happy.

“Informasi yang saya dapatkan dari Kabid Luar Negeri PP PBSI, Bambang Roedyanto, infonya memang seperti itu. Jadi tidak ada bendera Merah Putih tetapi diganti logo PBSI,” kata Brotto Happy kepada MPI, Minggu (17/10/2021).

Lebih lanjut, belum ada informasi tambahan mengenai lagu kebangsaan Indonesia Raya akan diputar atau tidak. Tentu jika kedua hal tersebut tidak boleh dilakukan, akan menjadi pukulan bagi rakyat Indonesia. Terleibh, ini merupakan pentas olahraga Internasional.

Larangan pengibaran bendera Merah Putih ini berkaitan dengan permasalahan World Anti Doping Agency (WADA). Yang mana WADA menyebut Indonesia tak patuh dalam program uji tes doping.

Pada 15 September lalu WADA mengirim surat pada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) terkait ketidakpatuhan program uji doping.Indonesia tidak bisa memenuhi test doping plan (TDP) tahun 2020 dan juga belum memenuhi TDP untuk tahun 2021.

Marcus dan Kevin

Sejumlah negara dikirimi surat dan punya waktu 21 hari untuk memberikan klarifikasi. Indonesia tidak memberikan klarifikasi, seperti halnya Thailand dan Korea Utara. WADA lalu melayangkan surat sanksi pada 7 Oktober.

Jadi, dampak pada teguran dari WADA membuat tim bulu tangkis Indonesia tak bisa mengibarkan bendera Merah Putih meski sudah berjuang hingga mencapai babak final Piala Thomas 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini