Sirkuit Mandalika Bakal Gelar Balapan Perdana, Para Pembalap Mulai Berdatangan ke Indonesia

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Minggu 17 Oktober 2021 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 17 38 2487653 sirkuit-mandalika-bakal-gelar-balapan-perdana-para-pembalap-mulai-berdatangan-ke-indonesia-o8AJNW6Aqv.jpg Sirkuit Mandalika. (Foto: Laman resmi MotoGP)

MANDALIKA - Indonesia akan menggelar ajang balapan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 pada November 2021 mendatang. Kompetisi itu akan menjadi ajang balapan pertama yang menjajal Sirkuit Mandalika.

Seperti yang diketahui Sirkuit Mandalika sudah mulai mendekati tahap akhir pembangunan dipastikan siap menggelar balapan pertamanya. Bahkan motor-motor peserta sudah mulai berdatangan.

Sirkuit Mandalika rencananya akan debut sebagai lintasan balap Internasional pada ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021. Balapan ini akan berlangsung pada 12-14 November 2021 mendatang.

Baca Juga: Ingin Pembalap Indonesia Tampil di MotoGP, Sirkuit Mandalika Adakan MiniGP

Sirkuit Mandalika. (Foto: Dwinarto/MPI)

Meski baru akan dihelat dalam beberapa pekan ke depan, pihak IATC sudah mulai mengirimkan motornya. Sebanyak 21 motor Honda NSF250R yang digunakan peserta sudah tiba di Sirkuit Mandalika.

“Motor motor IATC sudah tiba di Indonesia, ternyata merekalah yang pertama akan mencicipi aspal sirkuit Mandalika,” kata MGPA di akun Instagram miliknya, Minggu (17/10/2021).

Meski berstatuskan balapan junior, pihak MGPA ingin tetap mempromosikan IATC. Pasalnya, ajang balap tersebut dapat membuka jalan untuk menuju kancah MotoGP.

Selain itu, ada beberapa pembalap Indonesia yang ikut serta dalam IATC 2021. Antara lain Dheyo Arzyan, Dendo Herlian, Firdaus Herjun dan juga Aditama Fadilah.

Bagi Aditama, balapan ini juga bakal menjadi perpisahan dengan IATC. Karena, musim depan dia sudah dipastikan bakal menuju Red Bull Rookies Cup yang menjadi pembalap pendukung MotoGP di Eropa.

“Sudah tidak sabar menunggu aksi aksi pembalap pembalap junior ini menekan gas sampai pol di sirkuit kebanggan Indonesia 12-14 November 2021 dan ini adalah kali pertama event ini digelar di Tanah Air. Nyali mereka nggak kalah dengan pembalap WSBK atau MotoGP yang ketiga event dikelola oleh Dorna Sport,” lanjutnya

Sirkuit Mandalika. (Foto: Dwinarto/MPI)

Seminggu setelah IATC, lintasan balap tersebut akan digunakan untuk ajang World Superbike (WSBK). Penutup musim WSBK 2021 tersebut akan berlangsung pada 19-21 November 2021 mendatang.

Lalu bagaimana dengan MotoGP? Indonesia sudah masuk ke dalam kalender MotoGP 2022. Bahkan Sirkuit Mandalika nantinya akan menjadi lokasi melakukan tes pramusim MotoGP 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini