4 Atlet Berprestasi Indonesia Asal Papua, Nomor 1 Legenda Persipura Jayapura

Ajeng Wirachmi, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 43 2481484 4-atlet-berprestasi-indonesia-asal-papua-nomor-1-legenda-persipura-jayapura-qWbuDQX6xN.jpg Boaz Salossa salah salah satu legenda olahraga Indonesia yang berasal dari Papua (Foto: PSSI)

PAPUA tidak hanya dikenal dengan destinasi wisata, kuliner, dan budayanya yang sangat beragam, tetapi juga karena segudang atlet berprestasi untuk Indonesia. Mereka berjuang untuk mengharumkan nama Papua dan Indonesia .

Berikut adalah daftar atlet Papua berprestasi yang berhasil dihimpun tim Litbang MPI (MNC Portal Indonesia):

4. Nesthy Stella Iriani Pedai

Nesthy Stella Iriani Pedai (Foto: PB PON XX Papua)

Atlet panjat tebing Papua, Nesthy Stella Iriani Pedai, mempersembahkan medali emas dalam pesta olahraga terbesar di Indonesia, PON XX Papua 2021. Perempuan kelahiran 8 Oktober 2002 ini mulai berlatih panjat tebing secara intensif sejak Mei 2019. Cita-citanya memang ingin membawa medali emas untuk Papua.

Melansir berbagai sumber, Nesthy juga sempat mengikuti latihan secara maksimal di Solo, Jawa Tengah, selama kurang lebih setahun. Bahkan, ia juga rela pindah sekolah ke Solo. Terkait ketertarikannya terhadap olahraga yang sangat mengandalkan kecepatan ini, dia mengaku, bahwa panjat tebing adalah olahraga yang memiliki banyak jalur menantang untuk ditundukkan.

4. Lisa Rumbewas

Lisa Rumbewas (Foto: Istimewa)

Atlet angkat besi asal Papua, Raema Lisa Rumbewas atau Lisa Rumbewas, juga memiliki segudang prestasi. Lahir di Biak, 10 September 1980, Lisa memang memiliki darah olahraga dari kedua orang tuanya, yaitu Levi Rumbewas dan Ida Korwa. Selain itu, ia juga terikat hubungan saudara dengan pebulu tangkis Indonesia, Nitya Krishinda Maheswari.

Lisa beberapa kali menyumbangkan medali di ajang Olimpiade. Mulai dari Olimpiade Sydney tahun 2000, Lisa mempersembahkan medali perak. Untuk di skala Asian Games, Lisa membawa pulang medali perunggu dalam ajang Asian Games 2002 di Busan, Korea Selatan. Sederet prestasi bergengsi lain juga diukir oleh Lisa Rumbewas.

2. Franklin Ramses Burumi

Franklin Ramses Burumi (Foto: Istimewa)

Putra Papua, Franklin Ramses Burumi, menyita perhatian banyak pihak saat tampil di atletik Sea Games 2011 Jakarta-Palembang. Awalnya, pelari yang lahir pada tahun 1991 itu sempat diragukan. Akan tetapi, penampilannya justru meroket dan gemilang diluar prediksi. Ia berhasil menyabet medali emas untuk Indonesia.

Mengutip laman resmi World Athletics, Franklin mulai aktif mengikuti kejuaraan internasional sejak 2009. Saat itu, ia turun di nomor 200 meter putra. Setahun berikutnya, Franklin dipercaya mewakili Indonesia dalam Asian Games 2010 Guangzhou, China pada nomor 100 meter. Tak hanya dikenal sebagai atlet cemerlang, Franklin juga selalu terlihat berbeda karena gaya rambutnya yang terkesan nyeleneh.

1. Boaz Solossa

Boaz Salossa (Foto: Istimewa)

Siapa yang tak kenal Boaz Solossa? Pesepakbola asal Papua itu sangat terkenal dan sempat menjadi pemain andalan Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Pria bernama lengkap Boaz Theofilus Erwin Solossa ini mulai terjun di dunia sepak bola sejak belia. Klub amatir pertama yang ia bela adalah PS Putra Yohan pada 1999. Melansir Sindonews, Boaz pindah ke klub lain, Perseru pada 2000.

Eksistensi Boaz sebagai seorang pemain berbakat Papua makin terasa ketika ia dipanggil untuk ikut memperkuat Tim Bumi Cendrawasih dalam gelaran PON 2004 di Sumatera Utara. Hingga akhirnya, Boaz dipanggil untuk masuk ke skuad Timnas dan berlaga di Piala Tiger 2004.

Setahun kemudian, dirinya dikontrak untuk bermain bersama Persipura Jayapura dan membawa tim tersebut menjuarai liga musim 2005, 2008 – 2009, 2011, serta 2013. Legenda Persipura itu kini main untuk Borneo FC.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini