Usai Jatuh di Atap Rumah Warga, Kondisi Atlet Gantole Sumbar Khaidir Anas Membaik

Hasyim Ashari, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 05:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 43 2481301 usai-jatuh-di-atap-rumah-warga-kondisi-atlet-gantole-sumbar-khaidir-anas-membaik-2QHNHtgmpW.jpg Khaidir Anas saat berlaga (Foto: PB PON XX Papua 2021)

JAYAPURA - Atlet Gantole Sumatera Barat (Sumbar), Khaidir Anas, mengalami kecelakaan dengan mendarat darurat di atap rumah warga saat bertanding di PON XX Papua 2021. Akibat kecelakaan itu, Khaidir pun harus dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura.

Khaidir mengalami kecelakaansaat bertanding di nomor Aero Towing nomor Lintas Alam di Lapangan Terbang Adven, Senin 3 Oktober 2021. Layangan Aeros Combat buatan Ukraina miliknya terjatuh di atap rumah warga setempat karena tidak stabil.

PON XX Papua 2021 (Foto: Instagram/@ponxx2020papua)

Direktur Pertandingan, Dr.Ing Aldamanda A. Lubis mengungkapkan, bahwa layangan sudah airborne dan sayapnya tidak stabil. Kondisinya, ketinggian kurang dan ditambah sayap kanan lebih terbuka sehingga pesawat mengarah ke selatan.

“Pesawat sudah airborne dan wing tidak stabil (goyang), karena wing semakin tidak stabil, atas perintah Safety Officer diminta Pilot Gantole (Anas) melakukan realese (Safety),” tulis Accident Report yang ditandatangani Direktur Pertandingan Dr.Ing Aldamanda A. Lubis, dikutip dari Gerakita, Selasa (5/10/2021).

BACA JUGA: Raih 32 Medali Emas, Papua Catatkan Sejarah Baru di PON

“Mengingat ketinggian tidak mencukupi untuk melakukan pendaratan di area runway, pilot melakukan pendaratan di atas atap rumah warga,” lanjut laporan tersebut.

Beruntung, Anas sukses melakukan pendaratan darurat dan berhasil menyelamatkan nyawanya sehingga tidak memakan korban jiwa lain. Panitia langsung sigap melakukan evakuasi dan membawa Anas ke RSUD Jayapura untuk mendapat penanganan.

Adapun semua biaya perawatan kecelakaan itu sudah ditanggung oleh BPJS PB PON dan BPJS Ketenagakerjaan yang bekerja sama. Alhasil, seluruh kontingen PON XX punya jaminan kesehatan.

PON XX Papua 2021 (Foto: Instagram/@kantorstafpresidenri)

Kini, kondisi Anas sudah berangsur membaik dan akan terus mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut secara detail. Menurut laporan dari Gerakita, Sekjen KONI Pusat Drs.Tb.Ade Lukman Djajadikusuma, MEMOS telah menjenguk Anas di RSUD Jayapura.

“Hari ini, kami menjenguk atlet asal Sumatera Barat atas nama Khaidir Anas yang beberapa waktu yang lalu terjadi kecelakaan dari cabang olahraga Gantole. Syukur alhamdulillah, bahwa kondisi sudah sangat baik dan saat ini sudah ditangani dengan baik oleh Rumah Sakit Umum Daerah di Jayapura,” jelas Lukman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini